Lomba Inovasi Pembelajaran
----------------------- Page 1-----------------------
PEDOMAN LOMBA KARYA INOVASI PEMBELAJARAN
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKANSEKOLAH DASAR TINGKAT NASIONAL
TAHUN 2013
DIREKTORAT PEMBINAAN
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKANPENDIDIKAN DASAR
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
----------------------- Page 2-----------------------
KATA PENGANTAR
Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) sebagai tenaga profesional
berperan sangat penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab.
Pendidik dan Tenaga Kependidikandiwajibkan melakukan kegiatanpengembangan
keprofesianberkelanjutan agar kompetensi keprofesiannya tetapsesuai dengan
perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dan/atau olahraga.
Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Sekolah DasarTingkat Nasional Tahun 2013bertema,“Melalui Lomba KaryaInovasi
dalam Pembelajaran Pendidikan DasarTingkatNasional Tahun 2013 Kita Wujudkan
Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang Profesional untuk Pendidikan Bermutu”
sebagai wujud kepedulian Pemerintah agar PTK selalu berusaha untuk berinovasi
dan termotivasi dalam meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran.
Melalui lomba tersebut diharapkan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)
dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, serta berhasil
mengembangkan berbagai model pembelajaran yang bermutu. Dengan demikian
menjadi juara atau pemenang lomba bukan tujuan utama, karena tujuan yang
terpenting adalah meningkatnya mutu pembelajaran, yang berdampak pada
peningkatan mutu lulusan.
Pedoman LombaInovasiPembelajaran Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Sekolah DasarTingkat Nasional Tahun 2013 ini disusun untuk digunakan sebagai
acuan pelaksanaan lomba.
Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam
penyusunan pedoman ini.
Jakarta, Juni 2013
Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga
Kependidikan Pendidikan Dasar,
Sumarna Surapranata, Ph.D
NIP. 19590801 198503 1 002
i
----------------------- Page 3-----------------------
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR................................................................................................... i
DAFTAR ISI ................................................................................................................ii
BAB IPENDAHULUAN.............................................................................................. 1
A. Latar Belakang ........................................................................................ 1
B. Dasar Hukum ..........................................................................................3
C. Tujuan .....................................................................................................4
D. Ruang Lingkup ........................................................................................4
BAB IILOMBA INOVASI PEMBELAJARAN.............................................................5
A. Pengertian...............................................................................................5
B. Tujuan .....................................................................................................5
C. Tema .......................................................................................................6
D. Prinsip-Prinsip .........................................................................................6
E. Mekanisme..............................................................................................7
F. Penulisan Naskah Lomba .......................................................................8
G. Penilaian .................................................................................................8
H. Tim Penilai ............................................................................................ 11
I. Kriteria Pemenang Lomba..................................................................... 11
J. Jadwal ................................................................................................... 13
L. Penghargaan Pemenang ...................................................................... 14
BAB IIIPELAKSANAAN LOMBA BAGI GURU SEKOLAH DASAR ...................... 14
A. Sasaran................................................................................................. 14
B. Ruang Lingkup ...................................................................................... 14
C. Persyaratan Peserta.............................................................................. 15
D. Persyaratan Karya................................................................................. 16
E. Sistematika Laporan Naskah Inovasi Pembelajaran .............................22
BAB IVPELAKSANAAN LOMBA BAGI KEPALA SEKOLAH DASAR..................28
A. Sasaran.................................................................................................28
B. Ruang Lingkup ......................................................................................28
C. Persyaratan Peserta..............................................................................29
D. Persyaratan Karya.................................................................................29
E. Sistematika Laporan Naskah Inovasi Manajemen dan Supervisi ..........31
ii
----------------------- Page 4-----------------------
BAB VPELAKSANAAN LOMBA BAGI PENGAWAS SEKOLAH DASAR ............37
A. Sasaran.................................................................................................37
B. Ruang Lingkup Inovasi bagi Pengawas ................................................37
C. Persyaratan Peserta..............................................................................37
D. Persyaratan Karya Inovasi ...................................................................38
E. Sistematika Laporan Naskah Inovasi Kepengawasan ..........................39
BAB VIPENUTUP ....................................................................................................45
iii
----------------------- Page 5-----------------------
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar,
membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada
pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan
menengah. Kewajiban guru sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008
tentang Guru Pasal 52 ayat (2) mencakup kegiatan pokok yaitu merencanakan
pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran,
membimbing dan melatih peserta didik, serta melaksanakan tugas tambahan.
Untuk melaksanakan tugasnya secara profesional, seorang guru tidak hanya
memiliki kemampuan teknis edukatif, tetapi juga harus memiliki kepribadian yang
dapat diandalkan sehingga menjadi sosok panutan bagi siswa, keluarga maupun
masyarakat. Selaras dengan kebijakan pembangunan yang meletakkan
pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai prioritas pembangunan
nasional, maka kedudukan dan peran guru semakin bermakna strategis dalam
mempersiapkan SDM yang berkualitas menghadapi era global.
Guru dapat diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah apabila memenuhi
persyaratan yang telah ditentukan. Salah satu tugas dan fungsi kepala sekolah
adalah menciptakan upaya peningkatan profesionalitas guru yang berdampak pada
peningkatan mutu pembelajaran di kelas.Untuk dapat melaksanakan tugas dan
fungsi tersebut, maka kepala sekolah harus memiliki kompetensi
manajerial.Kompetensi yang berkaitan dengan manajerialdi antaranya adalah
sebagai berikut.
1. Memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah secara
optimal.
2. Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajar
yang efektif.
3. Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia
secara optimal.
4. Menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi
pembelajaran peserta didik.
1
----------------------- Page 6-----------------------
5. Mengelola hubungan sekolah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan
ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah.
6. Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan
manajemen sekolah
Berkaitan dengan tugas pokok dan fungsii dalam meningkatkan profesionalitas
guru, kepala sekolah melakukan supervisi melalui kegiatan-kegiatan berikut ini.
1. Merencanakan program supervisi akademik
2. Melaksanakan supervisi akademik dengan menggunakan pendekatan dan teknik
supervisi yang tepat.
3. Menindaklanjuti hasil supervisi akademik.
Berdasarkan kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala sekolah
tersebut, maka penilaian kinerja kepala sekolah harus ditinjau dari usaha kepala
sekolah sebagai berikut.
1. Pengembangan sekolah yang dilakukan selama menjabat kepala sekolah.
2. Peningkatan kualitas sekolah berdasarkan 8 (delapan) standar nasional
pendidikan selama dibawah kepemimpinan yang bersangkutan.
3. Pengembangan profesionalitas sebagai kepala sekolah.
Disamping siswa, guru, dan kepala sekolah, secara internal pengawas sekolah
merupakan salah satu bagian dari kelompok terpenting dalam pendidikan.Ruang
lingkup tugas pengawas satuan pendidikan menurut Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 12 tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah adalah
melaksanakan supervisi manajerial dan supervisi akademik. Kegiatan supervisi
akademik dan kegiatan supervisi manajerial yang meliputi pembinaan, pemantauan
pelaksanaan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan merupakan kegiatan dimana
terjadi interaksi langsung antara pengawas satuan pendidikan dengan kepala
sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya.
Oleh karena itu, pengawas sekolah wajib melaksanakan pembimbingan dan
pelatihan profesionalitas untuk pelaku pendidikan, di antaranya untuk pihak-pihak
berikut ini.
1. Kepala sekolah,dan tenaga kependidikan lainnya melalui supervisi manajerial.
2. Guru, melalui supervisi akademik.
2
----------------------- Page 7-----------------------
Kegiatan pembimbingan dan pelatihan profesionalitas dapat dilakukan melalui
workshop, seminar, observasi, individual dan group conference, bimbingan teknis
serta kunjungan sekolah.
Proses pembelajaran disekolah merupakan roh dari pendidikan pada semua
jenjang yang perlu ditingkatkan mutunya secara terus menerus.Dalam proses
pembelajaran, peserta didik harus memperoleh pengalamanbelajar untuk
memecahkan permasalahan-permasalahan yangdihadapi.Hal ini penting dilakukan
semua pihak khususnya guru dalam upaya membentuk insan Indonesia cerdas,
kompetitif, dan berdaya saing tinggi untukmenghadapi persaingan global.Sejalan
dengan hal tersebut, guru harus melakukan berbagai kegiatan pengembangan
keprofesionalannya.
Salah satu upaya Pemerintah dalam mendorong motivasi, dedikasi, loyalitas dan
profesionalisme guru, adalah melalui LombaKarya Inovasi Pembelajaran Pendidik
dan Tenaga Kependidikan (PTK) Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013.
Kegiatan ini diharapkan akan berpengaruh positif pada kinerja dan prestasi kerja
guru.
B. Dasar Hukum
PerlombaanInovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga KependidikanSekolah
Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013menggunakan dasar hukum sebagai berikut.
1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2007 tentang
Standar Pengawas Sekolah/Madrasah.
4. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.
5. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Nomor 16 Tahun2009 tentang Jabatan Fungsional GurudanAngka Kreditnya.
6. Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan
Kepegawaian Negara Nomor 03/V/PB/2010, Nomor 14 Tahun 2010 tentang
Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
7. Keputusan Menteri PendidikanNasionalNomor 35Tahun2010
tentangPetunjukTeknisPelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka
Kreditnya.
3
----------------------- Page 8-----------------------
8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar
Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah.
9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 tentang
Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah.
10. Peraturan Menteri PendidikandanKebudayaan Nomor 1Tahun2012 tentang
Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
11. Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Direktorat Pembinaan Pendidik dan
Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Nomor 023.03.1.01/00/2013 tanggal 05
Desember 2012 revisi ke-3 tanggal 16 Mei 2013.
C. Tujuan
Pedoman Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 ini disusun sebagai acuan bagi panitia
penyelenggara. Panitia penyelenggaraterdiri atas tim juri, guru, kepala sekolah,
pengawas sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi,
dan Direktorat Pembinaan Pendidik dan TenagaKependidikanPendidikanDasar,
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
D. Ruang Lingkup
Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran PTK Sekolah Dasar Tingkat Nasional
Tahun 2013 ini mencakup Pengertian, Tujuan, Prinsip-prinsip, Ruang Lingkup
Lomba, Sasaran, Mekanisme, Persyaratan Peserta,Persyaratan Karya, Penilaian,
serta hal lain yang berkaitan dengan pelaksanaan lomba.
4
----------------------- Page 9-----------------------
BAB II
LOMBA KARYA INOVASI PEMBELAJARAN
A. Pengertian
1. Inovasi Pembelajaran
Inovasi pembelajaran adalah suatu gagasan, praktik, metode, teknik,
bahan, model pembelajaran, teknologi tepat guna, karya seni, dan alat pelajaran
yang baru dan mampu memecahkan masalah pembelajaran.
2. Lomba Karya Inovasi Pembelajaran
Lomba Karya inovasi pembelajaran adalah kegiatan bagi guru sekolah
dasar, kepala sekolah dasar, pengawas sekolah dasar untuk berkompetisi pada
tingkat nasional dalam penyusunan karya inovatif. Karya inovatif tersebut
diharapkan mampu memecahkan masalah dalam proses pembelajaran sesuai
dengan tugas dan fungsi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah untuk
meningkatkan mutu hasil belajar peserta didik.
B. Tujuan
Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah
Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 ini dapat diikuti olehguru sekolah dasar, kepala
sekolah dasar, dan pengawas sekolah dasar dengan tujuan sebagai berikut.
1. Memotivasi dan menginspirasi guru sekolah dasar, kepala sekolah dasar, dan
pengawas sekolah dasar untuk melakukan terobosan dalam usaha menciptakan
praktik-praktik pembelajaran terbaik.
2. Membangun minat, kreativitas, dan inovasi serta budaya guru sekolah dasar,
kepala sekolah dasar, dan pengawas sekolah dasar untuk belajar sepanjang
hayat.
3. Mendiseminasikan hasil inovasi pembelajaran guru sekolah dasar, kepala
sekolah dasar, dan pengawas sekolah dasar untu kmeningkatkan mutu
pembelajaran, sehingga hasil inovasi tersebut dapat menjadi referensi bagi guru
lainnya.
5
----------------------- Page 10-----------------------
C. Tema
Tema Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 adalah melalui lomba inovasi
pembelajaran, kita wujudkan pendidik dan tenaga kependidikan sekolah dasar
yang profesional untuk pendidikan bermutu.
D. Prinsip-Prinsip
Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah
Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 ini dilaksanakan dengan merujuk pada prinsip-
prinsip: kompetitif, dinamis, transparan, objektif, akuntabel, efektif, dan efisien.
1. Kompetitif, membangun semangat dan daya saing Guru Sekolah Dasar, Kepala
Sekolah Dasar, dan Pengawas Sekolah Dasar secara sehat.
2. Dinamis, pelaksanaan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan perubahan
ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
3. Transparan, dapat diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan dan
dilaksanakan secara terbuka.
4. Objektif, dilaksanakan secara adil, tidak memihak, berdasarkan fakta dan data.
5. Akuntabel, dapat dipertanggungjawabkan kepada semua pihak yang
berkepentingan.
6. Efektif, pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tujuan.
7. Efisien, pelaksanaan kegiatan sesuai potensi dan sumber daya yang tersedia.
6
----------------------- Page 11-----------------------
E. Mekanisme
P2TK mempublikasikan Disdik Prov Disdik Kab/Kota
pedomanlombakedisdi mempublikasikan mempublikasikan
kprovinsi/LPMP PedomanLombakedisdi pedomanlombakeCabdisd
ik Kecamatan
kkabupaten/kota
P2TK menseleksi P2TK menerima Naskah Cabdisdik/UPTD
Administrasi dan dari Peserta Seluruh menginformasikankepada
memilih peserta yang Indonesia dan guru, Kepala Sekolah, dan
Mengoleksi/Mengadminsi Pengawas Sekolah
memenuhi persyaratan
trasikan
Juri Menilai Tes
P2TK menyerahkan P2TK mengundang 99
Tertulis,Wawancara
dokumen Lomba orang peserta terbaik dan Presentasi Peserta
kepada Juri untuk
memilih 99 peserta
terbaik yang terdiri
dari: 1 orang guru, 1
orang kepala sekolah,
dan 1 orang pengawas
sekolah dari masing- P2TK menyerahkan Juri menetapkan
masing provinsi Hadiah dan Piagam 9 peserta terbaik
Gambar 1. Mekanisme Pelaksanaan Lomba Inovasi Pembelajaran
Keterangan:
1. Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar
(Direktorat P2TK Dikdas).
a. Mempublikasikan pedoman lomba ke Dinas Pendidikan Provinsi/Lembaga
Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).
b. Menerima naskah dari peserta seluruh Indonesia dan
mengoleksi/mengadministrasikan.
c. Menyeleksi administrasi dan memilih peserta yang memenuhi persyaratan.
d. Menyerahkan naskah lomba kepada juri untuk memilih 99 (sembilan puluh
sembilan) peserta terbaik yang terdiri dari1 (satu) orang guru, 1 (satu) orang
kepala sekolah, dan 1 (satu) orang pengawas dari masing-masing provinsi.
e. Mengundang 99 (sembilan puluh sembilan) orang peserta terbaik.
f. Menugaskan juri untuk menilai tes tertulis wawan cara dan presentasi peserta.
g. Menetapkan 9 (Sembilan) peser taterbaik.
h. Menyerahkan hadiah dan piagam.
7
----------------------- Page 12-----------------------
2. Dinas Pendidikan Provins imempublikasikan Pedoman Lomba ke Dinas Pendidikan
Kabupaten/Kota.
3. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota mempublikasikan pedoman lomba ke Cabang
Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Kecamatan.
4. Unit PelaksanaTeknis Daerah/Cabang Dinas Pendidikan menginformasikan kepada
guru, kepala sekolah dasar, dan pengawas sekolah dasar.
F. Penulisan Naskah Lomba
Penulisan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga
Kependidikan Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 harus memenuhi
persyaratan teknis sebagai berikut.
1. Jumlah halaman naskah minimum 20 (dua puluh) halaman dan maksimum 40
(empat puluh) halaman;
2. Naskah inovasi pembelajaran bagi gurusekolah dasar,kepala sekolah dasar, dan
pengawas sekolah dasartingkat nasional disusun dengan ketentuan sebagai
berikut.
a. Ukuran kertas A4.
b. Tebal kertas minimum 70 mg.
c. Orientasi potret (portrait).
d. Garis tepi (margin): atas 3 cm, kiri 3 cm,bawah 2,5 cm,dan kanan 2,5 cm.
e. Jenis huruf: Arial/Albertus Mt LT.
f. Ukuran huruf(font) 12pt.
g. Spasi 1 ½.
h. Sampul warna biru.
G. Penilaian
1. Seleksi administrasi
a. Kelengkapan dokumen dan kesesuaian karya inovasi pembelajaran dengan
pedoman merupakan persyaratan utama.
b. Kesesuaian jadwal pengiriman dokumen.
c. Jika tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, maka naskah yang
dikirim tidak akan dinilai pada tahap berikutnya dan naskah yang telah
dikirim tidak dapat diambil kembali.
8
----------------------- Page 13-----------------------
2. Seleksi Nominator
Dokumen yang lengkap dan lolos seleksi administrasi, selanjutnya dinilai
untuk menetapkan 99 (Sembilan puluh Sembilan) nominator yang terdiri dari:
1(satu) orang guru, 1 (satu) orang kepala sekolah, dan 1 (satu) orang
pengawas dari masing-masing provinsi.
3. Tahap Penentuan Pemenang
Komponen Kriteria Bobot (%)
Nilai Karya Inovasi Nilai yang pada seleksi 50
pembelajaran nominator
Presentasi Penguasaan materi 30
Penggunaan bahasa
Komunikatif
Kemampuan menjawab
pertanyaan
Manajemen waktu
Penampilan
Tes Kreativitas Hasil tes kreativitas 20
4. Pengembangan Instrumen
Pengembangan instrumen untuk seleksi administrasi didasarkan pada
persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta sesuai dengan yang tercantum
dalam pedoman Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga
Kependidikan Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 yang diterbitkan
oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penilaian untuk menetapkan
nominator, dan juara didasarkan pada APIK (Asli, Perlu, Ilmiah, dan Konsisten)
untuk setiap karya inovatif yang dikirimkan.
a. Asli, karya inovatif yang dibuat benar-benar merupakan karya asli
penyusunnya, bukan merupakan plagiat, jiplakan, atau disusun dengan niat
dan prosedur yang tidak jujur. Laporan karya inovatif yang tidak asliantara
lain ditandai oleh hal-hal sebagai berikut.
9
----------------------- Page 14-----------------------
1) Adanya bagian-bagian tulisan yang dirubah di sana-sini, bentuk ketikan
yang tidak sama, tempelan nama, terdapat petunjuk adanya lokasi dan
subyek yang tidak konsisten, terdapat tanggal pembuatan yang tidak
sesuai, terdapat berbagai data yang tidak konsisten, tidak akurat.
2) Waktu pelaksanaan kegiatan kurang wajar.
3) Adanya kesamaan isi, data dan hal lain yang sangat mencolok dengan
laporan orang lain.
4) Tidak adanya lampiran dokumen-dokumen kegiatan yang dapat
memberikan bukti bahwa kegiatan itu telah dilaksanakan.
b. Perlu, hal yang dilaporkan atau gagasan yang dituliskan, harus sesuatu
yang diperlukan. Gagasanharus mempunyai manfaat dalam menunjang
pengembangan keprofesian guru sekolah dasar, kepala sekolah dasar, dan
pengawas sekolah dasar. Manfaat tersebut diutamakan untuk memperbaiki
mutu pembelajaran di satuan pendidikan guru bersangkutan.
Karya Inovasi yang tidak Perluantara lain ditandai oleh hal-hal sebagai
berikut.
1) Masalah yang dikaji terlalu luas .
2) Masalah yang dikaji tidak langsung berhubungan dengan
permasalahan yang berkaitan dengan upaya pengembangan profesi
dari guru yang bersangkutan.
c. Ilmiah, laporan disajikan dengan memakai kerangka isi dan mempunyai
kebenaran yang sesuai dengan kaidah-kaidah kebenaran ilmiah dan
mengkuti kerangka isi yang telah ditetapkan.
Laporan Karya Inovasi yang tidak Ilmiahantara lain ditandai dengan hal-
hal sebagai berikut.
1) Latar belakang masalah tidak jelas, tidak dapat menunjukkan substansi
esensial yang dibahas untuk mengembangkan profesi.
2) Kebenaran yang tidak terdukung oleh kebenaran teori, kebenaran fakta
dan kebenaran analisis.
3) Kesimpulan tidak atau belum menjawab permasalahan yang diajukan.
d. Konsisten, isi Karya Inovasi harus sesuai dengan tugas dan fungsi
penyusunnya. Bila penulisnya seorang guru, maka isi laporan haruslah
10
----------------------- Page 15-----------------------
berada pada bidang tugas guru yang bersangkutan, dan memasalahkan
tentang tugas pembelajaran yang sesuai dengan tugasnya di sekolah.
Pada tahapan akhir lomba yang dilaksanakan di Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan dilakukan penilaian terhadap presentasi oleh nominator yang
diundang ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
H. Tim Penilai
Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Direktorat P2TK
Dikdas), Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan menunjuk dan menetapkan tim juri Lomba Karya Inovasi Pembelajaran
Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013
dengan Surat Keputusan Direktur tentang Tim Juri Lomba. Tim juri direkrut
berdasarkan kompetensi di bidang ke ahliannya dari berbagai perguruan tinggi dan
beberapa institusi sebagai berikut.
1. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK).
2. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).
3. Widyaiswara.
4. Direktorat Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar.
I. Kriteria Pemenang Lomba
Pemenanglombaadalahpeserta yang telahmemenuhikriteriasebagaiberikut.
1. Mengikutisemuakegiatan.
2. Menempati peringkattertinggi dengan ketentuan kejuaraan sebagaia berikut.
Juara 1, 2, dan 3 untuk kategori guru sekolah dasar.
Juara 1, 2, dan 3 untuk kategori kepala sekolah dasar.
Juara 1, 2, dan 3 untuk kategori pengawas sekolah dasar.
3. Tidakterkenaaturandiskualifikasidarijuriataupanitia.
J. Jadwal
No Kegiatan Pelaksanaan
1 Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Minggu Ke IV Juni
Kependidikan Pendidikan Dasar (Direktorat P2TK 2013
Dikdas) mempublikasikan pedoman lomba ke
Dinas PendidikanProvinsi/Lembaga Penjaminan
Muru Pendidikan (LPMP)
2 Dinas Pendidikan Provinsi mempublikasikan Minggu Ke IV
pedoman lomba ke Dinas Pendidikan Juni2013
11
----------------------- Page 16-----------------------
Kabupaten/Kota.
3 Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Minggu Ke IV
mempublikasikan pedoman lomba ke Cabang Juni2013
Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Kecamatan.
4 Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik)/UPTD Minggu Ke IV
menginformasikan kepadagurusekolah dasar, Juni2013
kepala sekolah dasar, dan pengawas sekolah
dasar
5 PenulisanNaskahInovasi Minggu I Juli s.d.
Minggu I
September2013
6 Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Minggu I
Kependidikan Pendidikan Dasar (Direktorat P2TK September2013
Dikdas) menerima naskah dari peserta seluruh
Indonesia dan mengoleksi/mengadminisitrasikan
(Akhir)
7 Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Minggu II-III
Kependidikan Pendidikan Dasar (Direktorat P2TK September2013
Dikdas) menseleksi Administrasi dan memilih
peserta yang memenuhi persyaratan
8 Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Minggu IV
Kependidikan Pendidikan Dasar (Direktorat P2TK September2013
Dikdas) menyerahkan Naskah Lomba kepada
Juri untuk memilih 99 (sembilan puluh sembilan)
peserta terbaikyang terdiri dari: 1 (satu) orang
guru, 1 (satu) orang kepala sekolah, dan 1 (satu)
orang pengawas dari masing-masing provinsi.
9 Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Minggu IV
Kependidikan Pendidikan Dasar (Direktorat P2TK September2013
Dikdas) memanggil 99 (sembilan puluh sembilan)
orang peserta terbaik
10 Juri menilai tes tertulis, wawancara dan 1-3 Oktober 2013
presentasi peserta
11 Juri menetapkan 9(sembilan) peserta terbaik 4 Oktober 2013
dengan ketentuan:
3 (tiga) terbaik untuk kategori guru sekolah
dasar
3 (tiga) terbaik untuk kategori kepala sekolah
dasar
3 (tiga) terbaik untuk kategori pengawas
sekolah dasar
12 Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga 5 Oktober 2013
Kependidikan Pendidikan Dasar (Direktorat P2TK
Dikdas) menyerahkan hadiah dan piagam
12
----------------------- Page 17-----------------------
K. Pengiriman Karya Inovasi Pembelajaran
1. Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar
Tingkat Nasional Tahun 2013dimasukkan ke dalam amplop dengan menuliskan di
sudut kiri atas salah satu label berikut ini.
INOBEL GURU SEKOLAH DASAR
INOBEL KEPALA SEKOLAH DASAR
INOBEL PENGAWAS SEKOLAH DASAR
2. Karya Inovasidikirimkan kepada Panitia Lomba dengan alamat:
Panitia Lomba Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga KependidikanSekolah
Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013
Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar
(Direktorat P2TK Dikdas), Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Gedung C Lt. 18
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta. Kode Pos 12270.
3. Karya Inovasi dikirimkan kepada Panitia Lomba paling lambat tanggal 30
September 2013 (stempel POS).
4. Kontak Person:
a. Herlina Kamase, telepon: 08128521025
b. Edna Betty,telepon:08176353826
c. Sri Mulyani, telepon:08128820112
L. Penghargaan Pemenang
Pemenang dan nominator Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga
Kependidikan Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 akan diberikan hadiah
berupa uang, imbal prestasi berupa 1 (satu) buah laptop, dan sertifikat.
13
----------------------- Page 18-----------------------
BAB III
PELAKSANAAN LOMBAKARYAINOVASI PEMBELAJARAN
BAGI GURU SEKOLAH DASAR
A. Sasaran
Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah
Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 adalah guru sekolah dasar di seluruh
Indonesia, yang meliputi guru kelas dan/atau guru mata pelajaran baik yang
mengajar di sekolah negeri maupun swasta.
B. Ruang Lingkup
Ruang lingkup kegiatan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga
Kependidikan Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 adalah pengalaman
pembelajaran terbaik guru yang merupakan hasil inovasi pembelajaran di
sekolahyang meliputi sebagai berikut.
1. Menemukan Teknologi Tepat Guna
Karya Teknologi Tepat Guna bidang pembelajaran adalah karya hasil
rancangan/ pengembangan/ percobaan dalam bidang pembelajaran yang dibuat
atau dihasilkan dengan menggunakan bahan, sistem, atau metodologi tertentu
dan dimanfaatkan untuk peningkatan mutu pendidikan.
2. Menemukan/Menciptakan Karya Seni
Menemukan/menciptakan karya seni adalah proses perefleksian nilai-nilai
dan gagasan manusia yang diekspresikan secara estetika dalam berbagai
medium seperti rupa, gerak, bunyi, dan kata yang mampu meningkatkan mutu
pendidikan.
3. Membuat/Memodifikasi Alat Pelajaran/Peraga/ Praktikum
a. Membuat Alat Pelajaran
Alat pelajaran adalah alat yang digunakan untuk membantu meningkatkan
efektivitas proses pembelajaran di sekolah dasar.
1) Alat bantu presentasi (contoh: papan tulis inovatif).
2) Alat bantu olahraga (contoh: alat bantu loncat tinggi, alat bantu senam).
3) Alat bantu praktik (contoh: alat penjepit/fixtures), panel listrik).
4) Alat pelajaran yang dibuat dari barang bekas yang tersedia di lingkungan
sekitar (contoh: roket dari botol plastik bekas).
5) Alat lain yang membantu kelancaran proses pembelajaran.
14
----------------------- Page 19-----------------------
b. Membuat Alat Peraga
Alat peraga adalah alat yang digunakan untuk memperjelas
konsep/teori/cara kerja tertentu yang dipergunakan dalam proses
pembelajaran.
Jenis alat peraga
1) Poster/gambar untuk pelajaran (contoh: poster rangka manusia, gambar
tunggal dan gambar seri).
2) Gambar yang memanfaatkan komputer (compic=computer pictures)
(contoh: simbol-simbol, dan rambu-rambu lalu lintas).
3) Alat permainan pendidikan (contoh: kartu bergambar, monopoli IPA).
4) Model benda/barang atau alat tertentu (contoh: model mata, model alat
pengolahan limbah, prototipe, model solar-sel).
5) Benda potongan (contoh: puzzle).
6) Video pembelajaran (contoh: video interaktif).
7) Gambar animasi komputer (contoh: animasi cerita, visualisasi struktur
bumi).
c. Membuat Alat Praktikum
Alat praktikum adalah alat yang digunakan untuk praktikum sains,
matematika, teknik, bahasa, ilmu sosial, humaniora, dan keilmuan lainnya.
C. Persyaratan Peserta
Persyaratan peserta Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga
Kependidikan Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 adalah sebagai berikut.
1. Guru SD yang memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan(NUPTK)
dengan melampirkan surat rekomendasi dari kepala sekolah.
2. Melampirkan biodata.
3. Memiliki kualifikasi akademik minimum Sarjana (S1) atau Diploma Empat (D-IV).
4. Memiliki sertifikat pendidik.
5. Melaksanakan pembelajaran minimum 2 (dua) tahun berturut-turut sebagai guru
kelas atau guru mata pelajaran yang diampu dengan beban mengajar minimal
24 jam per minggu.
6. Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter.
7. Belum pernah menjadi juara 1, 2, atau 3 Guru SD Berprestasi Tingkat Nasional
untuk tahun 2011, 2012, dan 2013.
15
----------------------- Page 20-----------------------
8. Tidak mengajukan karya inovasi yang sama pada kegiatan sejenis yang
dilaksanakan oleh Kemeneterian Pendidikan dan Kebudayaan.
D. Persyaratan Karya
1. Persyaratan Umum
Persyaratan karya yang diikutkan dalam Lomba Karya Inovasi Pembelajaran
Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun
2013 adalahsebagai berikut.
a. Bersifat individual.
b. Dilaksanakan 2 (dua) tahun terakhir.
c. Belum pernah diikut sertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional atau
internasional.
(Tiga persyaratan tersebut dinyatakan dengan surat pernyataan
ditandatangani yang bersangkutan)
2. Persyaratan Khusus
Komponen Subkomponen Bukti Fisik
Persiapan/per Identifikasi masalah Karya Tulis Desain
encanaan Kajian pemecahan masalah Inovasi
Desain inovasi
Indikator keberhasilan
Implementasi Rencana Pelaksanaan Dokumen RPP
Pembelajaran (RPP) Dokumen RPP
Bahan Pembelajaran Dokumen Proses
Proses Pembelajaran Belajar Mengajar
Data Hasil (PBM)
Refleksi (self assessment) (angka dan atau hasil
terhadap implementasi observasi)
Diseminasi Panduan penggunaan inovasi
Fakta Guru berinovasi untuk meningkatkan proses pembelajaran.
1. Teknologi Tepat Guna
a. Media Pembelajaran/bahan ajar berbasis teknologi informatika.
16
----------------------- Page 21-----------------------
b. Program Aplikasi Komputer.
c. Pengembangan Metodologi Pembelajaran.
Untuk guru kelas 1 sampai dengan kelas 3, metode yang dikembangkan
menggunakan pembelajaran tematik.Untuk guru kelas 4 sampai dengan 6,
metode yang dikembangkan menggunakan pembelajaran parsial.
2. Alat Bantu Pembelajaran
a. Alat Pelajaran
Persyaratan karya yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.
1) Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat pelajaran
yang dilengkapi dengan gambar/foto alat pelajaran tersebut apabila alat
pelajaran tidak memungkinkan untuk dikirim.
2) Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat pelajaran
yang dilengkapi dengan alat pelajaran yang dibuat apabila alat pelajaran
tersebut memungkinkan untuk dikirim.
Sistematika laporan adalah sebagai berikut.
a) Cover/Halaman Judul: judul, nama pencipta, NIP, nama dan logo
sekolah.
b) Identitas pencipta: nama lengkap, NIP, tempat dantanggal lahir,
pangkat/golongan, institusi/unit kerja, alamat unit kerja, dan lain-lain
yang disahkan oleh kepala sekolah atau atasan langsung.
c) Prakata pencipta
d) Daftar isi, Daftar gambar
e) Bagian I: Pendahuluan (latar belakang ide inovasi, makna dan
tujuan).
f) Bagian II: Refleksi proses kreatif/inovasi (bahan, alat, ukuran, lama
pengerjaan, deskripsi proses kreatif dari prainovasi hingga
pascainovasi dikuatkan dengan foto-foto dan atau rekaman
audio/audiovisual, dan deskripsi kegiatan
pameran/publikasi/pertunjukan disertai katalog dan foto-foto dan
atau rekaman audiovisual).
g) Bagian III: Penutup
h) Referensi/Kepustakaan
i) Lampiran:
17
----------------------- Page 22-----------------------
(1) Biodata ringkas pencipta
(2) Surat pernyataan kepala sekolah/atasan langsung tentang
kebenaran keaslian, kepemilikan, dan bukti bahwa karya seni
tersebut belum pernah diajukan untuk kenaikan pangkat
sebelumnya.
(3) Bukti pengakuan/rekomendasi dari dewan kesenian atau
organisasi profesi kesenian yang relevan minimal tingkat
kabupaten/kota.
(4) Bukti lain/pendukung (jika ada), seperti: kliping resensi dari
media massa cetak/elektronik nasional, sertifikat/penghargaan
memenangkan lomba karya seni dan sebagainya.
(Catatan: Laporan tersebut harus disahkan oleh kepala
sekolah pada halaman pengesahan, format terlampir).
b. Alat Peraga
Persyaratan karya yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.
1) Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat peraga
yang dilengkapi dengan gambar/foto alat peraga tersebut,apabila alat
peraga tidak memungkinkan untuk dikirim.
2) Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat peraga
yang dilengkapi dengan alat peraga yang dibuat, apabila alat peraga
tersebut memungkinkan untuk dikirim.
(Laporan tersebut harus dilengkapi dengan lembar pengesahan
dari kepala sekolah bahwa alat peraga tersebut dipergunakan di
sekolah).
Sistimatika laporan pembuatan alat peraga sebagai berikut.
Halaman judul.
Halaman pengesahan oleh kepala sekolah/atasan langsung.
Halaman pernyataan dari pembuat bahwa alat pelajaran ini benar-benar
asli hasil karyanya.
Prakata pembuat.
Daftar isi laporan.
Daftar gambar.
Nama alat
Tujuan.
18
----------------------- Page 23-----------------------
Manfaat.
Rancangan/desain alat dilengkapi dengan gambar rancangan atau
diagram alir serta daftar dan foto alat dan bahan yang digunakan.
Prosedur pembuatan alat dilengkapi dengan foto pembuatan.
Penggunaan alat di sekolah dilengkapi dengan foto penggunaan.
c. Alat Praktikum
Persyaratan karya yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.
1) Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat praktikum
yang dilengkapi dengan VCD atau gambar/foto alat praktikum tersebut
apabila alat praktikum tidak memungkinkan untuk dikirim.
2) Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat praktikum
yang dilengkapi dengan alat praktikum yang dibuat apabila alat
praktikum tersebut memungkinkan untuk dikirim.
Laporan tersebut harus dilengkapi dengan lembar pengesahan dari
kepala sekolah bahwa alat praktikum tersebut dipergunakan di sekolah.
Sistimatika laporan pembuatan alat praktikum sebagai berikut
Halaman judul
Halaman pengesahan oleh kepala sekolah/atasan langsung.
Halaman pernyataan dari pembuat bahwa alat pelajaran ini benar-
benar asli hasil karyanya.
Prakata pembuat.
Daftar isi laporan
Daftar gambar
Nama Alat
Tujuan
Manfaat
Rancangan/desain alat dilengkapi dengan gambar rancangan atau
diagram alir serta daftar dan foto alat dan bahan yang digunakan.
Prosedur pembuatan alat dilengkapi dengan foto pembuatan
Penggunaan alat di sekolah dilengkapi dengan foto penggunaan.
19
----------------------- Page 24-----------------------
d. Komponen yang Dinilai
1) Karya Inovatif Nonmetode Pembelajaran.
BOBOT
NO KOMPONEN KRITERIA BUKTI FISIK
(%)
1. Pengembangan Asli 30 Karya
Produk Aplikatif Laporan
Inovatif
2. Pemanfaatan Mendukung 50 Perencanaan:
produk dalam ketercapaian RPP, bahan
Proses Belajar tujuan ajar, media
Mengajar pembelajaran pembelajaran,
(PBM) Meningkatkan perangkat
partisipasi penilaian
peserta didik Pelaksanaan:
video
pembelajaran
dan atau foto
pembelajaran
Penilaian:
dokumen
penialain (soal
dan hasil;
Lembar Kerja
dan hasilnya)
3. Laporan Kesesuaian 20 Laporan
Materi
Sistematis
Penggunaan
Bahasa
20
----------------------- Page 25-----------------------
2) Karya Inovatif Metode Pembelajaran
BOBOT
NO KOMPONEN KRITERIA BUKTI FISIK
(%)
1. Pengembangan Asli 30 Laporan
Metode Aplikatif
Inovatif
2. Pemanfaatan Mendukung 50 Perencanaan:
Metode dalam ketercapaian RPP, bahan
Pembelajaran kompetensi ajar, media
Meningkatkan pembelajaran,
partisipasi perangkat
peserta didik penilaian
Pelaksanaan:
video
pembelajaran
dan atau foto
pembelajaran
Penilaian:
dokumen
penilaian (soal
dan hasil;
Lembar Kerja
dan hasilnya)
3. Laporan Kesesuaian 20 Laporan
Materi
Sistematis
Penggunaan
Bahasa
Keterangan:
1. Asli,karya inovasi pembelajaran yang ditemukan, dilaksanakan, dan diusulkan
merupakan karya murni ciptaan sendiri.
21
----------------------- Page 26-----------------------
2. Aplikatif, karya inovasi pembelajaran yang ditemukan, dilaksanakan, dan
diusulkan mudah diterapkan, digunakan, dan dikembangkan oleh pengguna.
3. Bermakna, karya inovasi pembelajaran yang ditemukan, dilaksanakan, dan
diusulkan memiliki makna untuk mendukung peningkatan mutu pembelajaran.
4. Sistematis: karya inovasi pembelajaran yang ditemukan, dilaksanakan, dan
diusulkan serta diskripsinya dengan menggunakan sistematika yang runtut,
mudah dipahami, mudah dikuasai, dan mudah dilaksanakan.
E. Sistematika Laporan Naskah Inovasi Pembelajaran
SistematikaNaskah Inovasi Pembelajaran
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PERNYATAAN
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
RINGKASAN/ABSTRAK
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR/FOTO
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Permasalahan
C. Rancangan Pemecahan Masalah
D. Tujuan
E. Manfaat
BAB II LANDASAN TEORI
A. Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Pembelajaran
B. Alternatif Rancangan Aplikasi Karya Inovasi Pembelajaran
BAB III KARYA INOVASI PEMBELAJARAN ...
A. Ide Dasar
B. Proses Inovasi
C. Aplikasi Praktis untuk Pembelajaran
D. Penggandaan
22
----------------------- Page 27-----------------------
BAB IV PENUTUP
A. Simpulan
B. Rekomendasi
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
1. Biodata
2. Instrumen dan dokumen lain yang berkaitan dengan karya inovasi.
Penjelasanmasing-masing komponen dalam sistematika penulisan.
HALAMAN JUDUL
Cover warna hijau dengan ukuran kertas A-4, seperti contoh berikut:
JUDUL
(Ukuran huruf: 14 point)
NASKAH LOMBA
KARYA INOVASI PEMBELAJARAN
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
TINGKAT NASIONAL
TAHUN 2013
(Ukuran huruf: 12 point)
Oleh:
Nama
Nama dan alamat tempat bertugas pengusul
23
----------------------- Page 28-----------------------
HALAMAN PERNYATAAN
Surat pernyataan menggunakan format sebagai berikut.
SURAT PERNYATAAN
Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:
N a m a : ……………………………………………..
(lengkap dengan gelar)
NIP : ……………………………………………..
Pangkat/Golongan : ……………………………………………..
NUPTK : ……………………………………………..
menyatakan dengan sebenarnya bahwa karya inovasi pembelajaran yang berjudul:
“…………………………………………………………………………………………..………………
………………………………………”
1. Karya inovasi ini saya buat sendiri dan tidak menyalin atau menjiplak karya orang lain.
2. Dilaksanakan pada tahun …...
3. Belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik tingkat nasional maupun
internasional.
Apabila terbukti tidak sesuai dengan pernyataan tersebut di atas, saya bersedia menerima
sanksi sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku.
Surat pernyataan ini saya buat secara sadar, sehat jasmani dan rohani.
…………………….., …….. 2013
Yang membuat pernyataan,
Meterai Rp. 6.000
Tanda Tangan
(Nama Jelas)
24
----------------------- Page 29-----------------------
HALAMAN PENGESAHAN
Pengesahan dari kepala sekolah danDinas Pendidikan untuk peserta guru
sekolah dasar menggunakan format sebagai berikut.
PENGESAHAN
Yang bertanda tangan di bawah ini, mengesahkan karya inovasi pembelajaran berjudul
..............................................................................................................
Adalah karya inovasi pembelajaran yang dibuat oleh.......................................
………………, ………-…….-2013
Yang mengesahkan,
Kepala Sekolah...............................
Tanda tangan dan cap
(Nama jelas)
NIP.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota *) .........................
Tanda tangan dan cap
(Nama Jelas)
NIP.
*) Hilangkan yang tidak perlu.
25
----------------------- Page 30-----------------------
Uraian Penyusunan Naskah Lomba
KOMPONEN PENJELASAN
Judul • Ditulis dalam huruf kapital.
• Singkat, jelas, padat, dan informatif.
• Mencerminkan isi inovasi pembelajaran
• Maksimal 20 kata.
Pendahuluan a. Latar Belakang.
Memiliki kejelasan alur pikir antara pemilihan judul
dengan tujuan inovasi pembelajaran yang diajukan serta
urgensi pencapaian tujuan pendidikan nasional.
b. Permasalahan.
Disusun sesuai dengan permasalahan yang dihadapi
pada pelaksanaan pembelajaran yang menyebabkan
pencapaian tujuan tidak optimal.
c. Rancangan Pemecahan Masalah.
Merupakan alternatif yang diperkirakan dapat mengatasi
atau memecahkan permasalahan yang dihadapi pada
pelaksanaan pembelajaran sehingga pencapaian tujuan
menjadi optimal.
d. Tujuan.
Berisi sasaran yang akan dicapai dari inovasi
pembelajaran yang diajukan sehingga urgensi
pencapaian tujuan pendidikan nasional diperkirakan
dapat dicapai.
e. Manfaat.
Merupakanhasilyang mungkin diperoleh dari
implementasi inovasi pembelajaran yang dihasilkan.
Landasan Prinsip-prinsip yang melandasi pengembangan inovasi
Pengembangan pembelajaran,
Inovasi Merupakan pemikiranyang melandasi pengembangan
inovasi pembelajaran.
Pengalaman yang melandasi pemecahan masalah pada
pelaksanaan pembelajaran sehingga tujuan
26
----------------------- Page 31-----------------------
pembelajaran dapat dicapai secara optimal.
Pengembangan a. Deskripsi Inovasi
Inovasi Penjelasan tentang pendekatan yang dipakai dalam
Pembelajaran merancang inovasi pembelajaran yang diajukan.
Jenis inovasi pembelajaran yang dirancang.
Desain dan konsep dasar inovasi pembelajaran yang
dirancang.
b. Proses Inovasi
Deskripsi langkah-langkah inovasi pembelajaran
yangdiajukan.
Bagan alir tentang proses penyusunan/pembuatan
karya inovasi pembelajaran.
c. Manfaat Inovasi Pembelajaran
Penjelasan tentang manfaat karya inovasi pembelajaran
yang dibuat.
d. Diseminasi
Penjelasan teknis tentang penggandaan/perbanyakan
karya inovasi pembelajaran agar dapat disebarluaskan
dan digunakan oleh kelompok guru SD, kepala SD,
pengawas SD lainnya.
Penutup a. Simpulan
Capaian yang diperoleh dari karya inovasi pembelajaran
untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
b. Rekomendasi
Penjelasan tentang saran untuk penggunaan dan
pengembangan lebih lanjut.
Daftar Pustaka Semua sumber informasi yang dikutip sebagai tinjauan
kepustakaan yang disampaikan secara lengkap.
Lampiran- a. Biodata
Lampiran b. Instrumen dan dokumen lain yang berkaitan dengan
karya inovasi pembelajaran.
27
----------------------- Page 32-----------------------
BAB IV
PELAKSANAAN LOMBA KARYA INOVASI PEMBELAJARAN
BAGI KEPALA SEKOLAH DASAR
A. Sasaran
Sasaran kegiatan Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Kepala SekolahDasar
Tingkat Nasional Tahun 2013 adalah kepala sekolah dasar di seluruh Indonesia
baik yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun bukan PNS.
B. Ruang Lingkup
Ruang lingkup kegiatan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan
Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 adalah
pengalaman pembelajaran terbaik kepala sekolah yang merupakan hasil inovasi
manajemen dan supervisi di sekolah yang meliputi jenis-jenis sebagai berikut.
1. Pengembangan Sekolah
Inovasi dalam pengembangan sekolah adalah suatu upaya yang dapat
dikategorikan sebuah inovasi untuk mengembangkan sekolah.Ruang lingkup
pengembangan sekolah yang dapat dilakukan meliputi kegiatan sebagai
berikut.
a. Pengembangan Sumber Daya Sekolah.
Inovasi di bidang ini merupakan upaya dalam menggunakan sumber daya
sekolah untuk mencapai tujuan sekolah sesuai dengan visi dan misi
sekolah menggunakan strategi tertentu.
b. Budaya Mutu.
Inovasi di bidang ini merupakan upaya untuk membangun sekolah sebagai
sebuah sistem nilai organisasi yang menghasilkan suatu lingkungan yang
kondusif bagi pembentukan dan perbaikan mutu secara berkelanjutan.
c. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia
Inovasi di bidang ini merupakan upaya untuk memberdayakan warga
sekolah sehingga dapat melaksanakan tugas dan fungsi secara mandiri
melalui strategi tertentu.
28
----------------------- Page 33-----------------------
d. Pelaksanaan Kurikulum
Inovasi di bidang ini merupakan upaya untuk melaksanakan kurikulum
dengan strategi tertentu sehingga dapat mencapai tujuan kurikulum secara
efektif dan efisien.
2. Supervisi
Inovasi di bidang ini merupakan upaya untuk membantu guru dalam
melaksanakan tugas dan fungsi secara profesional melalui strategi tertentu.
C. Persyaratan Peserta
PersyaratanpesertaLomba KaryaInovasiPembelajaranPendidik dan Tenaga
Kependidikan SekolahDasarTahun 2013adalah sebagai berikut.
1. Kepalasekolah dasaryang memiliki Nomor Unit Pendidik dan Tenaga
Kependidikan (NUPTK) denganmelampirkansuratrekomendasidari Dinas
Pendidikan Kaupaten/Kota setempat.
2. Melampirkan biodata.
3. Memilikikualifikasiakademik minimum Sarjana (S1) atau Diploma Empat (D-IV).
4. Memiliki sertifikat pendidik.
5. Melaksanakan tugas sebagai kepala sekolah minimum satu tahun.
6. Sehatjasmanidanrohani yang dibuktikandengansuratketerangandokter.
7. Belumpernahmenjadijuara 1, 2, atau 3 KepalaSekolah DasarBerprestasi
Tingkat Nasionalpadatahun 2011, 2012, dan 2013.
8. Tidak mengajukan karya inovasi yang sama pada kegiatan sejenis yang
dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
D. Persyaratan Karya
1. Persyaratan Umum
Persyaratan karya yang diikutkan dalam Lomba Karya Inovasi Manajemen
dan Supervisi bagiKepala Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013
adalahsebagai berikut.
a. Bersifat individual.
b. Dilaksanakan 2 (dua) tahun terakhir.
c. Belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional
atau internasional.
29
----------------------- Page 34-----------------------
(Tiga persyaratan tersebut dinyatakan dengan surat pernyataan
ditandatangani yang bersangkutan).
2. Persyaratan Khusus
Fakta Kepala Sekolah melakukan inovasi supervisi akademik adalah
sebagai berikut.
RUANG
LINGKUP/
KOMPONEN SUBKOMPONEN BUKTI FISIK
DESKRIPSI/
URAIAN
Supervisi Supervisi Supervisi Program inovasi
supervise.
Laporan hasil
pelaksanaan
supervisi dan
tindak lanjut.
Lamp. laporan:
1) Video/ foto
2) Instrumen
supervisi
Manajemen Pelaksanaan Strategi Rencana inovasi
Kurikulum Pelaksanaan pelaksanaan
Kurikulum kurikulum.
Laporan
pelaksanaan
inovasi.
Lamp. laporan:
1) Video/ foto.
2) Instrumen
Pelaksanaan
inovasi.
30
----------------------- Page 35-----------------------
E. Sistematika Laporan Naskah Inovasi Manajemen dan Supervisi
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PERNYATAAN
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
RINGKASAN/ABSTRAK
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR/FOTO
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Permasalahan
C. Rancangan Pemecahan Masalah
D. Tujuan
E. Manfaat
BAB II LANDASAN TEORI
A. Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Manajemen dan
Supervisi
B. Alternatif Rancangan Aplikasi Karya Inovasi Manajemen dan
Supervisi
BAB III KARYA INOVASI MANAJEMEN DAN SUPERVISI
A. Ide Dasar
B. Perencanaan Inovasi
C. Pelaksanaan Inovasi Manajemen dan Supervisi
BAB IV PENUTUP
A. Simpulan
B. Rekomendasi
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
1. Biodata
2. Bukti fisik terkait dengan inovasi manajemen dan supervisi
3. Instrumen dan dokumen lain yang berkaitan dengan karya inovasi.
Penjelasanmasing-masing komponen dalam sistematika penulisan.
31
----------------------- Page 36-----------------------
HALAMAN JUDUL
Cover warna birudengan ukuran kertas A-4, seperti contoh berikut:
JUDUL
(Ukuran huruf: 14 point)
NASKAH LOMBA KARYA INOVASI PEMBELAJARAN
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
SEKOLAH DASAR TINGKAT NASIONAL
TAHUN 2013
(Ukuran huruf: 12 point)
Oleh:
Nama
Nama dan alamat tempat bertugas pengusul
32
----------------------- Page 37-----------------------
HALAMAN PERNYATAAN
Surat pernyataan menggunakan format sebagai berikut.
SURAT PERNYATAAN
Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:
N a m a : ……………………………………………..
(lengkap dengan gelar)
NIP : ……………………………………………..
Pangkat/Golongan : ……………………………………………..
NUPTK : ……………………………………………..
menyatakan dengan sebenarnya bahwa karya inovasi pembelajaran yang berjudul:
“…………………………………………………………………………………………..…………………………
……………………………”
1. Karya inovasi ini saya buat sendiri dan tidak menyalin atau menjiplak karya orang lain.
2. Dilaksanakan pada tahun …...
3. Belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik tingkat nasional maupun internasional.
Apabila terbukti tidak sesuai dengan pernyataan tersebut di atas, saya bersedia menerima sanksi
sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku.
Surat pernyataan ini saya buat secara sadar, sehat jasmani dan rohani.
………………...., …….. 2013
Yang membuat pernyataan,
Meterai Rp. 6.000
Tanda Tangan
(Nama Jelas)
33
----------------------- Page 38-----------------------
HALAMAN PENGESAHAN
Pengesahan dari pengawas dan kepala dinas pendidikan menggunakan format sebagai
berikut.
PENGESAHAN
Yang bertanda tangan di bawah ini, mengesahkan karya inovasi manajemen dan supervisi berjudul
..............................................................................................................
Adalah karya inovasi manajemen dan supervisi yang dibuat oleh..................
………………, ………-…….-2013
Yang mengesahkan,
Pengawas TK/SD Kabupaten/Kota *) .........................
Tanda tangan dan cap
(Nama jelas)
NIP.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota *) .........................
Tanda tangan dan cap
(Nama Jelas)
NIP.
*) Hilangkan yang tidak perlu.
34
----------------------- Page 39-----------------------
Uraian Penyusunan Naskah Lomba
KOMPONEN PENJELASAN
Judul • Ditulis dalam huruf kapital.
• Singkat, jelas, padat, dan informatif.
• Mencerminkan isi inovasi manajemen dan supervisi
• Maksimal 20 kata.
Pendahuluan a. Latar Belakang.
Memiliki kejelasan alur pikir antara pemilihan judul dengan
tujuan inovasi manajemen dan supervisiyang diajukan serta
urgensi pencapaian tujuan pendidikan nasional.
b. Permasalahan.
Disusun sesuai dengan permasalahan yang dihadapi pada
pengelolaan yang menyebabkan pencapaian tujuan sekolah
tidak optimal.
c. Rancangan Pemecahan Masalah.
Merupakan alternatif yang diperkirakan dapat mengatasi atau
memecahkan permasalahan yang dihadapi pada pengelolaan
sehingga pencapaian tujuan sekolah menjadi optimal.
d. Tujuan .
Berisi sasaran yang akan dicapai dari inovasi manajemen dan
supervisiyang diajukan sehingga urgensi pencapaian tujuan
pendidikan nasional diperkirakan dapat dicapai.
e. Manfaat.
Merupakanhasilyang mungkin diperoleh dari implementasi
inovasi manajemen dan supervisiyang dihasilkan.
Landasan Prinsip-prinsip yang melandasi pengembangan inovasi
Pengembangan manajemen dan supervisi.
Inovasi Merupakan pemikiranyang melandasi pengembangan inovasi
manajemen dan supervisi.
Pengalaman yang melandasi pemecahan masalah pengelolaan
sehingga tujuan sekolah dapat dicapai secara optimal.
Pengembangan a. Deskripsi Inovasi
Inovasi Penjelasan tentang strategi yang dipakai dalam merancang
35
----------------------- Page 40-----------------------
Manajemen inovasi manajemen dan supervisiyang diajukan,
dan Supervisi Rancangan dan konsep dasar inovasi manajemen dan
supervisiyang dirancang,
b. Proses Inovasi
Deskripsi langkah-langkah inovasi manajemen dan
supervisiyangdiajukan.
Bagan alir tentang proses penyusunankarya inovasi
manajemen dan supervisi.
c. Manfaat InovasiMmanajemen dan Supervisi.
Penjelasan tentang manfaat karya inovasi manajemen dan
supervisiyang dibuat.
Penutup a. Simpulan
Capaian yang diperoleh dari karya inovasi manajemen dan
supervisiuntuk meningkatkan mutu layanan sekolah.
b. Rekomendasi
Penjelasan tentang saran untuk penggunaan dan
pengembangan lebih lanjut.
Daftar Pustaka Semua sumber informasi yang dikutip sebagai tinjauan
kepustakaan yang disampaikan secara lengkap.
Lampiran- a. Biodata
Lampiran b. Instrumen dan dokumen lain yang berkaitan dengan karya
inovasi manajemen dan supervisi.
36
----------------------- Page 41-----------------------
BAB V
PELAKSANAAN LOMBA KARYAINOVASI PEMBELAJARAN
BAGI PENGAWAS SEKOLAH DASAR
A. Sasaran
Sasaran kegiatan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran bagi Pengawas
TK/SD Tingkat Nasional Tahun 2013 adalah pengawas sekolah dasar di seluruh
Indonesia.
B. Ruang Lingkup Inovasi bagi Pengawas
Ruang lingkup kegiatan Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Pengawas
Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 adalah pengalaman kepengawasan
terbaik yang merupakan hasil inovasi kepengawasan yang berdampak pada
peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran, meliputi:
1. Menemukan Model/Sistem/TeknikSupervisiGuru yang Inovatif
Model/sistem/tekniksupervisiguru yang inovatifpada bidang
akademikmencakup proses dan hasil kerja. Proses dan hasil kerja tersebut
antara lain berupa hasil rancangan kerja/ pengembangan/uji coba dalam
bidang supervisi akademik. Hasilnya dikembangkan dengan menggunakan
prinsip dan metodologi tertentu, dan berpotensi memberikan dampak untuk
peningkatan mutu pendidikan, termasuk pendidikan karakter.
2. Menemukan Model/Sistem/TeknikSupervisiKepala Sekolah yang Inovatif
Model/sistem/tekniksupervisikepala sekolah yang inovatifpada bidang
manajerial sekolah yang mampu meningkatkan mutu pendidikan, termasuk
pendidikan karakter, serta pengembangan budaya dan lingkungan sekolah.
C. Persyaratan Peserta
PersyaratanpesertaLombaInovasiPembelajaran bagiPengawas TK/SDTingkat
Nasional Tahun 2013 adalah sebagai berikut.
1. PengawasTK/SD yang memiliki masa kerja minimal 3 tahun sebagai pengawas
denganmelampirkansuratrekomendasidari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
2. Memiliki sertifikat pendidik.
3. Melampirkan biodata (formulir terlampir).
4. Memiliki kualifikasi akademik minimum Sarjana (S1) atau Diploma Empat (D-
IV).
37
----------------------- Page 42-----------------------
5. Melaksanakan tugas kepengawasan minimal 3 (tiga) tahun berturut-turut.
6. Belum pernah menjadi juara 1 , 2, atau 3 Pengawas Berprestasi Tingkat
Nasional untuk tahun 2011, 2012, dan 2013,dan
7. Tidak mengajukan karya inovasi yang sama pada kegiatan sejenis yang
dilaksanakan oleh Kemdikbud
D. Persyaratan Karya Inovasi
1. Persyaratan Umum
Persyaratan karya yang diikutkan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran bagi
Pengawas TK/SD Tingkat Nasional Tahun 2013 sebagai berikut.
a. Bersifat individual.
b. Dilaksanakan maksimal dalam 2 (dua) tahun terakhir.
c. Belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional
maupun internasional.
(Tiga persyaratan tersebut dinyatakan dengan surat pernyataan
ditandatangani oleh yang bersangkutan, formulir terlampir).
2. Persyaratan Khusus
Fakta Pengawas Berinovasi untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran
KOMPONEN SUBKOMPONEN BUKTI FISIK
Persiapan/Perenc Identifikasi Masalah Karya Tulis Desain
anaan Inovasi Kajian Pemecahan Inovasi
Kepengawasan Masalah
Mendesain Inovasi
Menyusun Indikator
Keberhasilan
Implementasi Perencanaan Supervisi Program Supervisi,
Inovasi Perangkat Supervisi,
Kepengawasan Bahan Supervisi,
Instrumen Supervisi
Pelaksanaan Supervisi Jurnal Supervisi,
Evaluasi Supervisi
38
----------------------- Page 43-----------------------
Dokumentasi
Kegiatan
Laporan Supervisi
Angka dan/atau
Hasil Observasi
Refleksi (self assessment)
Implementasi Data Hasil Refleksi
Rencana Tindak
Lanjut
Diseminasi Rekomendasi Diseminasi Panduan Penggunaan
Inovasi
E. Sistematika Laporan Naskah Inovasi Kepengawasan
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PERNYATAAN
HALAMAN PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
RINGKASAN/ABSTRAK
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR/FOTO
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Permasalahan
C. Rancangan Pemecahan Masalah
D. Tujuan
E. Manfaat
BAB II LANDASAN TEORI
A. Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Kepengawasan
B. Alternatif Rancangan Aplikasi Karya Inovasi Kepengawasan
BAB III KARYA INOVASI KEPENGAWASAN
A. Ide Dasar
39
----------------------- Page 44-----------------------
B. Perencanaan Inovasi
C. Pelaksanaan Inovasi Kepengawasan
BAB IV PENUTUP
A. Simpulan
B. Rekomendasi
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
1. Biodata
2. Bukti fisik terkait dengan inovasi kepengawasan
3. Instrumen dan dokumen lain yang berkaitan dengan karya inovasi.
Penjelasanmasing-masing komponen dalam sistematika penulisan.
HALAMAN JUDUL
Cover warna merahdengan ukuran kertas A-4, seperti contoh berikut:
JUDUL
(Ukuran huruf: 14 point)
NASKAH LOMBA KARYA INOVASI KEPENGAWASAN
BAGI PENGAWAS SEKOLAHDASAR TINGKAT NASIONAL
TAHUN 2013
(Ukuran huruf: 12 point)
Oleh:
Nama
Nama dan alamat dinas/UPTD pengusul
HALAMAN PERNYATAAN
Surat pernyataan menggunakan format sebagai berikut.
40
----------------------- Page 45-----------------------
SURAT PERNYATAAN
Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:
N a m a : ……………………………………………..
(lengkap dengan gelar)
NIP : ……………………………………………..
Pangkat/Golongan : ……………………………………………..
Unit Kerja : ……………………………………………..
NUPTK : ……………………………………………..
menyatakan dengan sebenarnya bahwa karya inovasi kepengawasan yang berjudul:
“…………………………………………………………………………………………..…………………
……………………………………”
1. Karya inovasi ini saya buat sendiri dan tidak menyalin atau menjiplak karya orang lain.
2. Dilaksanakan pada tahun …...
3. Belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik tingkat nasional maupun
internasional.
Apabila terbukti tidak sesuai dengan pernyataan tersebut di atas, saya bersedia menerima
sanksi sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku.
Surat pernyataan ini saya buat secara sadar, sehat jasmani dan rohani.
…………………….., …….. 2013
Yang membuat pernyataan,
Meterai Rp. 6.000
Tanda Tangan
(Nama Jelas)
41
----------------------- Page 46-----------------------
HALAMAN PENGESAHAN
Pengesahan dari Kepala Dinas Pendidikan dan/atau UPTD menggunakan format
sebagai berikut.
PENGESAHAN
Yang bertanda tangan di bawah ini, mengesahkan karya inovasi kepengawasan berjudul
..............................................................................................................
Adalah karya inovasi kepengawasan yang dibuat oleh..................
………………, ………-…….-2013
Yang mengesahkan,
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Kepala UPTD Kecamatan…. *) .........................
Tanda tangan dan cap
(Nama jelas)
NIP.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Kepala UPTD Kecamatan *) .........................
Tanda tangan dan cap
(Nama Jelas)
NIP.
*) Hilangkan yang tidak perlu.
42
----------------------- Page 47-----------------------
KOMPONEN PENJELASAN
Judul • Ditulis dalam huruf kapital.
• Singkat, jelas, padat, dan informatif.
• Mencerminkan isi inovasi kepengawasan
• Maksimal 20 kata.
Pendahuluan a. Latar Belakang
Memiliki kejelasan alur pikir antara pemilihan judul
dengan tujuan inovasi kepengawasanyang diajukan
serta urgensi pencapaian tujuan pendidikan nasional.
b. Permasalahan
Disusun sesuai dengan permasalahan terkait kepe-
ngawasan yang menyebabkan pencapaian tujuan
peningkatan mutu pendidikantidak optimal.
c. Rancangan Pemecahan Masalah
Merupakan alternatif yang diperkirakan dapat mengatasi
atau memecahkan permasalahan yang dihadapi pada
kepengawasan sehingga pencapaian tujuan
peningkatan mutu pendidikanmenjadi optimal.
d. Tujuan
Berisi sasaran yang akan dicapai dari inovasi
kepengawasanyang diajukan sehingga urgensi pen-
=capaian tujuan pendidikan nasional diperkirakan
dapat dicapai.
e. Manfaat
Merupakanhasilyang mungkin diperoleh dari imple-
mentasi inovasi kepengawasanyang dihasilkan.
Landasan Prinsip-prinsip yang Melandasi Pengembangan Inovasi
Pengembangan Kepengawasan
Inovasi a. Merupakan pemikiranyang melandasi pengembang-
Kepengawasan an inovasi kepengawasan.
b. Pengalaman yang melandasi pemecahan masalah
kepengawasan sehingga tujuan peningkatan mutu
pendidikan dapat dicapai secara optimal.
43
----------------------- Page 48-----------------------
Pengembangan a. Deskripsi Inovasi
Inovasi 1) Penjelasan tentang strategi yang dipakai dalam
Kepengawasan merancang inovasi kepengawasanyang diajukan,
2) Rancangan dan konsep dasar inovasi kepe-
ngawasanyang dirancang,
b. Proses Inovasi
Deskripsi langkah-langkah inovasi
kepengawasanyangdiajukan.
Bagan alir tentang proses penyusunankarya inovasi
kepengawasan
c. Manfaat InovasiKepengawasan
Penjelasan tentang manfaat karya inovasi kepenga-
wasan yang dibuat.
Penutup a. Simpulan
Capaian yang diperoleh dari karya inovasi kepenga-
wasanuntuk meningkatkan mutu pendidikan.
ngembangan lebih lanjut.
Daftar Pustaka Semua sumber informasi yang dikutip sebagai tinjauan
kepustakaan yang disampaikan secara lengkap.
Lampiran- a. Biodata
Lampiran b. Instrumen dan dokumen lain yang berkaitan dengan
karya inovasi kepengawasan
44
----------------------- Page 49-----------------------
BAB VI
PENUTUP
Demikian pedoman Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga
Kependidikan Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 dengan harapan dapat
menjadi acuan bagi semua pihak dalam mengimplemntasikan program dimaksud sesuai
dengan tujuan yang telah ditetapkan. Dalam implementasinya, program Lomba Karya
Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga KependidikanSekolah Dasar Tingkat
Nasional Tahun 2013 memerlukan dukungan dari semua pihak, termasuk di dalamnya
Pemerintah Daerah untuk mengambil peran lebih aktif dalam upaya
menyebarluaskan/mensosialisasikan kegiatan lomba ini bagi para guru, kepala sekolah,
kin banyaknya guru, kepala sekolah, dan pengawas yang ikut berpartisipasi
dalam lomba ini, diharapkan akanmuncul lebih banyakide-
idekreatifyangterbuktimeningkatkan kualitas pembelajaran. Selanjutnya, hasil karya
inovatifkelak dapatditerapkandandikembangkanoleh guru-guru lain.
Lampiran 1
BIODATA PESERTA
PERLOMBAAN KARYA INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIK DAN TENAGA
KEPENDIDIKANPENDIDIKAN DASARTINGKAT NASIONALTAHUN 2013
1. Nama :.............................................................................
2. NIP/NIGB/NIY *) :.............................................................................
3. NUPTK :.............................................................................
4. Nomor Registrasi Guru : .............................................................................
5. Jabatan**) :Guru/Kepala Sekolah/Pengawas
6. Pangkat/gol. Ruang : .............................................................................
7. Tempat dan tanggal lahir : .............................................................................
8. Jenis kelamin : .............................................................................
9.. Agama : ..................................................................................
10.Mata Pelajaran yang diajarkan :...............................................................................
11.Masa kerja guru ***) :……. (………………) Tahun
12.Judul karya tulis ilmiah : ..................................................................................
13.Pendidikan terakhir : ..................................................................................
14.Fakultas/jurusan ****) : ..................................................................................
15.Sekolah/Tempat Bertugas
a. Nama sekolah : .................................................................................
b. Jalan : ..................................................................................
c. Kelurahan/Desa : ..................................................................................
d. Kecamatan : ..................................................................................
e. Kabupaten/Kota : ..................................................................................
f. Propinsi : ..................................................................................
g. Telepon : ..................................................................................
16.Alamat rumah
a. Jalan : ..................................................................................
b. Kelurahan/Desa : ..................................................................................
. Kecamatan : ..................................................................................
d. Kabupaten/Kota : ..................................................................................
e. Propinsi : ..................................................................................
f. Nomor Kontak : HP................................., Telepon : (…) …………….
17. Alamat e-mail : ..................................................................................
18. kegiatan peningkatan profesional guru yang diikuti ****)
………………………………………………………………………………………………
19. Kegiatan Lomba Guru yang pernah diikuti
………………………..2013
Mengetahui :
Kepala Sekolah Peserta Lomba
………………..…….…. …………….…………..
NIP. NIP.
Catatan:
*) Dapat ditulis bagi yang memiliki
**)....... Pilih salah satu .
***) SK CPNS/Surat Keterangan menjadi guru dari yayasan
****) Kalau ada
*****) Dapat ditulis pada kertas tersendiri
47
Categories: