Lomba Inovasi Pembelajaran

----------------------- Page 1-----------------------




PEDOMAN LOMBA KARYA INOVASI PEMBELAJARAN

PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKANSEKOLAH DASAR TINGKAT NASIONAL

TAHUN 2013



DIREKTORAT PEMBINAAN

PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKANPENDIDIKAN DASAR

DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN 



----------------------- Page 2-----------------------



KATA PENGANTAR



Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) sebagai tenaga profesional



berperan sangat penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu



berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman,



bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,



kreatif, mandiri serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab.



Pendidik dan Tenaga Kependidikandiwajibkan melakukan kegiatanpengembangan



keprofesianberkelanjutan agar kompetensi keprofesiannya tetapsesuai dengan



perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dan/atau olahraga.



Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan



Sekolah DasarTingkat Nasional Tahun 2013bertema,“Melalui Lomba KaryaInovasi



dalam Pembelajaran Pendidikan DasarTingkatNasional Tahun 2013 Kita Wujudkan



Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang Profesional untuk Pendidikan Bermutu”



sebagai wujud kepedulian Pemerintah agar PTK selalu berusaha untuk berinovasi



dan termotivasi dalam meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran.



Melalui lomba tersebut diharapkan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)



dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, serta berhasil



mengembangkan berbagai model pembelajaran yang bermutu. Dengan demikian



menjadi juara atau pemenang lomba bukan tujuan utama, karena tujuan yang



terpenting adalah meningkatnya mutu pembelajaran, yang berdampak pada



peningkatan mutu lulusan.



Pedoman LombaInovasiPembelajaran Pendidik dan Tenaga Kependidikan



Sekolah DasarTingkat Nasional Tahun 2013 ini disusun untuk digunakan sebagai



acuan pelaksanaan lomba.



Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam



penyusunan pedoman ini.



Jakarta, Juni 2013



Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga

Kependidikan Pendidikan Dasar,



Sumarna Surapranata, Ph.D

NIP. 19590801 198503 1 002



i



----------------------- Page 3-----------------------



DAFTAR ISI



Halaman



KATA PENGANTAR................................................................................................... i



DAFTAR ISI ................................................................................................................ii



BAB IPENDAHULUAN.............................................................................................. 1



A. Latar Belakang ........................................................................................ 1



B. Dasar Hukum ..........................................................................................3



C. Tujuan .....................................................................................................4



D. Ruang Lingkup ........................................................................................4



BAB IILOMBA INOVASI PEMBELAJARAN.............................................................5



A. Pengertian...............................................................................................5



B. Tujuan .....................................................................................................5



C. Tema .......................................................................................................6



D. Prinsip-Prinsip .........................................................................................6



E. Mekanisme..............................................................................................7



F. Penulisan Naskah Lomba .......................................................................8



G. Penilaian .................................................................................................8



H. Tim Penilai ............................................................................................ 11



I. Kriteria Pemenang Lomba..................................................................... 11



J. Jadwal ................................................................................................... 13



L. Penghargaan Pemenang ...................................................................... 14



BAB IIIPELAKSANAAN LOMBA BAGI GURU SEKOLAH DASAR ...................... 14



A. Sasaran................................................................................................. 14



B. Ruang Lingkup ...................................................................................... 14



C. Persyaratan Peserta.............................................................................. 15



D. Persyaratan Karya................................................................................. 16



E. Sistematika Laporan Naskah Inovasi Pembelajaran .............................22



BAB IVPELAKSANAAN LOMBA BAGI KEPALA SEKOLAH DASAR..................28



A. Sasaran.................................................................................................28



B. Ruang Lingkup ......................................................................................28



C. Persyaratan Peserta..............................................................................29



D. Persyaratan Karya.................................................................................29



E. Sistematika Laporan Naskah Inovasi Manajemen dan Supervisi ..........31



ii



----------------------- Page 4-----------------------



BAB VPELAKSANAAN LOMBA BAGI PENGAWAS SEKOLAH DASAR ............37



A. Sasaran.................................................................................................37



B. Ruang Lingkup Inovasi bagi Pengawas ................................................37



C. Persyaratan Peserta..............................................................................37



D. Persyaratan Karya Inovasi ...................................................................38



E. Sistematika Laporan Naskah Inovasi Kepengawasan ..........................39



BAB VIPENUTUP ....................................................................................................45



iii



----------------------- Page 5-----------------------



BAB I

PENDAHULUAN



A. Latar Belakang



Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar,



membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada



pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan



menengah. Kewajiban guru sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008



tentang Guru Pasal 52 ayat (2) mencakup kegiatan pokok yaitu merencanakan



pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran,



membimbing dan melatih peserta didik, serta melaksanakan tugas tambahan.



Untuk melaksanakan tugasnya secara profesional, seorang guru tidak hanya



memiliki kemampuan teknis edukatif, tetapi juga harus memiliki kepribadian yang



dapat diandalkan sehingga menjadi sosok panutan bagi siswa, keluarga maupun



masyarakat. Selaras dengan kebijakan pembangunan yang meletakkan



pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai prioritas pembangunan



nasional, maka kedudukan dan peran guru semakin bermakna strategis dalam



mempersiapkan SDM yang berkualitas menghadapi era global.



Guru dapat diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah apabila memenuhi



persyaratan yang telah ditentukan. Salah satu tugas dan fungsi kepala sekolah



adalah menciptakan upaya peningkatan profesionalitas guru yang berdampak pada



peningkatan mutu pembelajaran di kelas.Untuk dapat melaksanakan tugas dan



fungsi tersebut, maka kepala sekolah harus memiliki kompetensi



manajerial.Kompetensi yang berkaitan dengan manajerialdi antaranya adalah



sebagai berikut.



1. Memimpin sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah secara



optimal.



2. Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajar



yang efektif.



3. Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia



secara optimal.



4. Menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi



pembelajaran peserta didik.



1



----------------------- Page 6-----------------------



5. Mengelola hubungan sekolah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan



ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah.



6. Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan



manajemen sekolah



Berkaitan dengan tugas pokok dan fungsii dalam meningkatkan profesionalitas



guru, kepala sekolah melakukan supervisi melalui kegiatan-kegiatan berikut ini.



1. Merencanakan program supervisi akademik



2. Melaksanakan supervisi akademik dengan menggunakan pendekatan dan teknik



supervisi yang tepat.



3. Menindaklanjuti hasil supervisi akademik.



Berdasarkan kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki oleh kepala sekolah



tersebut, maka penilaian kinerja kepala sekolah harus ditinjau dari usaha kepala



sekolah sebagai berikut.



1. Pengembangan sekolah yang dilakukan selama menjabat kepala sekolah.



2. Peningkatan kualitas sekolah berdasarkan 8 (delapan) standar nasional



pendidikan selama dibawah kepemimpinan yang bersangkutan.



3. Pengembangan profesionalitas sebagai kepala sekolah.



Disamping siswa, guru, dan kepala sekolah, secara internal pengawas sekolah



merupakan salah satu bagian dari kelompok terpenting dalam pendidikan.Ruang



lingkup tugas pengawas satuan pendidikan menurut Peraturan Menteri Pendidikan



Nasional Nomor 12 tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah adalah



melaksanakan supervisi manajerial dan supervisi akademik. Kegiatan supervisi



akademik dan kegiatan supervisi manajerial yang meliputi pembinaan, pemantauan



pelaksanaan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan merupakan kegiatan dimana



terjadi interaksi langsung antara pengawas satuan pendidikan dengan kepala



sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya.



Oleh karena itu, pengawas sekolah wajib melaksanakan pembimbingan dan



pelatihan profesionalitas untuk pelaku pendidikan, di antaranya untuk pihak-pihak



berikut ini.



1. Kepala sekolah,dan tenaga kependidikan lainnya melalui supervisi manajerial.



2. Guru, melalui supervisi akademik.



2



----------------------- Page 7-----------------------



Kegiatan pembimbingan dan pelatihan profesionalitas dapat dilakukan melalui



workshop, seminar, observasi, individual dan group conference, bimbingan teknis



serta kunjungan sekolah.



Proses pembelajaran disekolah merupakan roh dari pendidikan pada semua



jenjang yang perlu ditingkatkan mutunya secara terus menerus.Dalam proses



pembelajaran, peserta didik harus memperoleh pengalamanbelajar untuk



memecahkan permasalahan-permasalahan yangdihadapi.Hal ini penting dilakukan



semua pihak khususnya guru dalam upaya membentuk insan Indonesia cerdas,



kompetitif, dan berdaya saing tinggi untukmenghadapi persaingan global.Sejalan



dengan hal tersebut, guru harus melakukan berbagai kegiatan pengembangan



keprofesionalannya.



Salah satu upaya Pemerintah dalam mendorong motivasi, dedikasi, loyalitas dan



profesionalisme guru, adalah melalui LombaKarya Inovasi Pembelajaran Pendidik



dan Tenaga Kependidikan (PTK) Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013.



Kegiatan ini diharapkan akan berpengaruh positif pada kinerja dan prestasi kerja



guru.



B. Dasar Hukum



PerlombaanInovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga KependidikanSekolah



Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013menggunakan dasar hukum sebagai berikut.



1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.



2. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.



3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2007 tentang



Standar Pengawas Sekolah/Madrasah.



4. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.



5. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi



Nomor 16 Tahun2009 tentang Jabatan Fungsional GurudanAngka Kreditnya.



6. Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan



Kepegawaian Negara Nomor 03/V/PB/2010, Nomor 14 Tahun 2010 tentang



Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.



7. Keputusan Menteri PendidikanNasionalNomor 35Tahun2010



tentangPetunjukTeknisPelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka



Kreditnya.



3



----------------------- Page 8-----------------------



8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar



Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah.



9. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 tentang



Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah.



10. Peraturan Menteri PendidikandanKebudayaan Nomor 1Tahun2012 tentang



Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.



11. Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Direktorat Pembinaan Pendidik dan



Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar Nomor 023.03.1.01/00/2013 tanggal 05



Desember 2012 revisi ke-3 tanggal 16 Mei 2013.



C. Tujuan



Pedoman Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga Kependidikan



Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 ini disusun sebagai acuan bagi panitia



penyelenggara. Panitia penyelenggaraterdiri atas tim juri, guru, kepala sekolah,



pengawas sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi,



dan Direktorat Pembinaan Pendidik dan TenagaKependidikanPendidikanDasar,



Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.



D. Ruang Lingkup



Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran PTK Sekolah Dasar Tingkat Nasional



Tahun 2013 ini mencakup Pengertian, Tujuan, Prinsip-prinsip, Ruang Lingkup



Lomba, Sasaran, Mekanisme, Persyaratan Peserta,Persyaratan Karya, Penilaian,



serta hal lain yang berkaitan dengan pelaksanaan lomba.



4



----------------------- Page 9-----------------------



BAB II

LOMBA KARYA INOVASI PEMBELAJARAN



A. Pengertian



1. Inovasi Pembelajaran



Inovasi pembelajaran adalah suatu gagasan, praktik, metode, teknik,



bahan, model pembelajaran, teknologi tepat guna, karya seni, dan alat pelajaran



yang baru dan mampu memecahkan masalah pembelajaran.



2. Lomba Karya Inovasi Pembelajaran



Lomba Karya inovasi pembelajaran adalah kegiatan bagi guru sekolah



dasar, kepala sekolah dasar, pengawas sekolah dasar untuk berkompetisi pada



tingkat nasional dalam penyusunan karya inovatif. Karya inovatif tersebut



diharapkan mampu memecahkan masalah dalam proses pembelajaran sesuai



dengan tugas dan fungsi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah untuk



meningkatkan mutu hasil belajar peserta didik.



B. Tujuan



Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah



Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 ini dapat diikuti olehguru sekolah dasar, kepala



sekolah dasar, dan pengawas sekolah dasar dengan tujuan sebagai berikut.



1. Memotivasi dan menginspirasi guru sekolah dasar, kepala sekolah dasar, dan



pengawas sekolah dasar untuk melakukan terobosan dalam usaha menciptakan



praktik-praktik pembelajaran terbaik.



2. Membangun minat, kreativitas, dan inovasi serta budaya guru sekolah dasar,



kepala sekolah dasar, dan pengawas sekolah dasar untuk belajar sepanjang



hayat.



3. Mendiseminasikan hasil inovasi pembelajaran guru sekolah dasar, kepala



sekolah dasar, dan pengawas sekolah dasar untu kmeningkatkan mutu



pembelajaran, sehingga hasil inovasi tersebut dapat menjadi referensi bagi guru



lainnya.



5



----------------------- Page 10-----------------------



C. Tema



Tema Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga Kependidikan



Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 adalah melalui lomba inovasi



pembelajaran, kita wujudkan pendidik dan tenaga kependidikan sekolah dasar



yang profesional untuk pendidikan bermutu.



D. Prinsip-Prinsip



Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah



Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 ini dilaksanakan dengan merujuk pada prinsip-



prinsip: kompetitif, dinamis, transparan, objektif, akuntabel, efektif, dan efisien.



1. Kompetitif, membangun semangat dan daya saing Guru Sekolah Dasar, Kepala



Sekolah Dasar, dan Pengawas Sekolah Dasar secara sehat.



2. Dinamis, pelaksanaan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan perubahan



ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.



3. Transparan, dapat diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan dan



dilaksanakan secara terbuka.



4. Objektif, dilaksanakan secara adil, tidak memihak, berdasarkan fakta dan data.



5. Akuntabel, dapat dipertanggungjawabkan kepada semua pihak yang



berkepentingan.



6. Efektif, pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tujuan.



7. Efisien, pelaksanaan kegiatan sesuai potensi dan sumber daya yang tersedia.



6



----------------------- Page 11-----------------------



E. Mekanisme



P2TK mempublikasikan Disdik Prov Disdik Kab/Kota

pedomanlombakedisdi mempublikasikan mempublikasikan

kprovinsi/LPMP PedomanLombakedisdi pedomanlombakeCabdisd

ik Kecamatan

kkabupaten/kota



P2TK menseleksi P2TK menerima Naskah Cabdisdik/UPTD

Administrasi dan dari Peserta Seluruh menginformasikankepada

memilih peserta yang Indonesia dan guru, Kepala Sekolah, dan

Mengoleksi/Mengadminsi Pengawas Sekolah

memenuhi persyaratan

trasikan



Juri Menilai Tes

P2TK menyerahkan P2TK mengundang 99

Tertulis,Wawancara

dokumen Lomba orang peserta terbaik dan Presentasi Peserta

kepada Juri untuk

memilih 99 peserta

terbaik yang terdiri

dari: 1 orang guru, 1

orang kepala sekolah,

dan 1 orang pengawas

sekolah dari masing- P2TK menyerahkan Juri menetapkan

masing provinsi Hadiah dan Piagam 9 peserta terbaik



Gambar 1. Mekanisme Pelaksanaan Lomba Inovasi Pembelajaran



Keterangan:



1. Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar



(Direktorat P2TK Dikdas).



a. Mempublikasikan pedoman lomba ke Dinas Pendidikan Provinsi/Lembaga



Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).



b. Menerima naskah dari peserta seluruh Indonesia dan



mengoleksi/mengadministrasikan.



c. Menyeleksi administrasi dan memilih peserta yang memenuhi persyaratan.



d. Menyerahkan naskah lomba kepada juri untuk memilih 99 (sembilan puluh



sembilan) peserta terbaik yang terdiri dari1 (satu) orang guru, 1 (satu) orang



kepala sekolah, dan 1 (satu) orang pengawas dari masing-masing provinsi.



e. Mengundang 99 (sembilan puluh sembilan) orang peserta terbaik.



f. Menugaskan juri untuk menilai tes tertulis wawan cara dan presentasi peserta.



g. Menetapkan 9 (Sembilan) peser taterbaik.



h. Menyerahkan hadiah dan piagam.



7



----------------------- Page 12-----------------------



2. Dinas Pendidikan Provins imempublikasikan Pedoman Lomba ke Dinas Pendidikan



Kabupaten/Kota.



3. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota mempublikasikan pedoman lomba ke Cabang



Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Kecamatan.



4. Unit PelaksanaTeknis Daerah/Cabang Dinas Pendidikan menginformasikan kepada



guru, kepala sekolah dasar, dan pengawas sekolah dasar.



F. Penulisan Naskah Lomba



Penulisan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga



Kependidikan Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 harus memenuhi



persyaratan teknis sebagai berikut.



1. Jumlah halaman naskah minimum 20 (dua puluh) halaman dan maksimum 40



(empat puluh) halaman;



2. Naskah inovasi pembelajaran bagi gurusekolah dasar,kepala sekolah dasar, dan



pengawas sekolah dasartingkat nasional disusun dengan ketentuan sebagai



berikut.



a. Ukuran kertas A4.



b. Tebal kertas minimum 70 mg.



c. Orientasi potret (portrait).



d. Garis tepi (margin): atas 3 cm, kiri 3 cm,bawah 2,5 cm,dan kanan 2,5 cm.



e. Jenis huruf: Arial/Albertus Mt LT.



f. Ukuran huruf(font) 12pt.



g. Spasi 1 ½.



h. Sampul warna biru.



G. Penilaian



1. Seleksi administrasi



a. Kelengkapan dokumen dan kesesuaian karya inovasi pembelajaran dengan



pedoman merupakan persyaratan utama.



b. Kesesuaian jadwal pengiriman dokumen.



c. Jika tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, maka naskah yang



dikirim tidak akan dinilai pada tahap berikutnya dan naskah yang telah



dikirim tidak dapat diambil kembali.



8



----------------------- Page 13-----------------------



2. Seleksi Nominator



Dokumen yang lengkap dan lolos seleksi administrasi, selanjutnya dinilai



untuk menetapkan 99 (Sembilan puluh Sembilan) nominator yang terdiri dari:



1(satu) orang guru, 1 (satu) orang kepala sekolah, dan 1 (satu) orang



pengawas dari masing-masing provinsi.



3. Tahap Penentuan Pemenang



Komponen Kriteria Bobot (%)



Nilai Karya Inovasi Nilai yang pada seleksi 50



pembelajaran nominator



Presentasi  Penguasaan materi 30



 Penggunaan bahasa



 Komunikatif



 Kemampuan menjawab



pertanyaan



 Manajemen waktu



 Penampilan



Tes Kreativitas Hasil tes kreativitas 20



4. Pengembangan Instrumen



Pengembangan instrumen untuk seleksi administrasi didasarkan pada



persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta sesuai dengan yang tercantum



dalam pedoman Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga



Kependidikan Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 yang diterbitkan



oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penilaian untuk menetapkan



nominator, dan juara didasarkan pada APIK (Asli, Perlu, Ilmiah, dan Konsisten)



untuk setiap karya inovatif yang dikirimkan.



a. Asli, karya inovatif yang dibuat benar-benar merupakan karya asli



penyusunnya, bukan merupakan plagiat, jiplakan, atau disusun dengan niat



dan prosedur yang tidak jujur. Laporan karya inovatif yang tidak asliantara



lain ditandai oleh hal-hal sebagai berikut.



9



----------------------- Page 14-----------------------



1) Adanya bagian-bagian tulisan yang dirubah di sana-sini, bentuk ketikan



yang tidak sama, tempelan nama, terdapat petunjuk adanya lokasi dan



subyek yang tidak konsisten, terdapat tanggal pembuatan yang tidak



sesuai, terdapat berbagai data yang tidak konsisten, tidak akurat.



2) Waktu pelaksanaan kegiatan kurang wajar.



3) Adanya kesamaan isi, data dan hal lain yang sangat mencolok dengan



laporan orang lain.



4) Tidak adanya lampiran dokumen-dokumen kegiatan yang dapat



memberikan bukti bahwa kegiatan itu telah dilaksanakan.



b. Perlu, hal yang dilaporkan atau gagasan yang dituliskan, harus sesuatu



yang diperlukan. Gagasanharus mempunyai manfaat dalam menunjang



pengembangan keprofesian guru sekolah dasar, kepala sekolah dasar, dan



pengawas sekolah dasar. Manfaat tersebut diutamakan untuk memperbaiki



mutu pembelajaran di satuan pendidikan guru bersangkutan.



Karya Inovasi yang tidak Perluantara lain ditandai oleh hal-hal sebagai



berikut.



1) Masalah yang dikaji terlalu luas .



2) Masalah yang dikaji tidak langsung berhubungan dengan



permasalahan yang berkaitan dengan upaya pengembangan profesi



dari guru yang bersangkutan.



c. Ilmiah, laporan disajikan dengan memakai kerangka isi dan mempunyai



kebenaran yang sesuai dengan kaidah-kaidah kebenaran ilmiah dan



mengkuti kerangka isi yang telah ditetapkan.



Laporan Karya Inovasi yang tidak Ilmiahantara lain ditandai dengan hal-



hal sebagai berikut.



1) Latar belakang masalah tidak jelas, tidak dapat menunjukkan substansi



esensial yang dibahas untuk mengembangkan profesi.



2) Kebenaran yang tidak terdukung oleh kebenaran teori, kebenaran fakta



dan kebenaran analisis.



3) Kesimpulan tidak atau belum menjawab permasalahan yang diajukan.



d. Konsisten, isi Karya Inovasi harus sesuai dengan tugas dan fungsi



penyusunnya. Bila penulisnya seorang guru, maka isi laporan haruslah



10



----------------------- Page 15-----------------------



berada pada bidang tugas guru yang bersangkutan, dan memasalahkan



tentang tugas pembelajaran yang sesuai dengan tugasnya di sekolah.



Pada tahapan akhir lomba yang dilaksanakan di Kementerian Pendidikan



dan Kebudayaan dilakukan penilaian terhadap presentasi oleh nominator yang



diundang ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.



H. Tim Penilai



Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Direktorat P2TK



Dikdas), Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan



Kebudayaan menunjuk dan menetapkan tim juri Lomba Karya Inovasi Pembelajaran



Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013



dengan Surat Keputusan Direktur tentang Tim Juri Lomba. Tim juri direkrut



berdasarkan kompetensi di bidang ke ahliannya dari berbagai perguruan tinggi dan



beberapa institusi sebagai berikut.



1. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK).



2. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).



3. Widyaiswara.



4. Direktorat Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar.



I. Kriteria Pemenang Lomba



Pemenanglombaadalahpeserta yang telahmemenuhikriteriasebagaiberikut.



1. Mengikutisemuakegiatan.



2. Menempati peringkattertinggi dengan ketentuan kejuaraan sebagaia berikut.



 Juara 1, 2, dan 3 untuk kategori guru sekolah dasar.



 Juara 1, 2, dan 3 untuk kategori kepala sekolah dasar.



 Juara 1, 2, dan 3 untuk kategori pengawas sekolah dasar.



3. Tidakterkenaaturandiskualifikasidarijuriataupanitia.



J. Jadwal



No Kegiatan Pelaksanaan



1 Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Minggu Ke IV Juni

Kependidikan Pendidikan Dasar (Direktorat P2TK 2013

Dikdas) mempublikasikan pedoman lomba ke

Dinas PendidikanProvinsi/Lembaga Penjaminan

Muru Pendidikan (LPMP)

2 Dinas Pendidikan Provinsi mempublikasikan Minggu Ke IV

pedoman lomba ke Dinas Pendidikan Juni2013



11



----------------------- Page 16-----------------------



Kabupaten/Kota.

3 Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Minggu Ke IV

mempublikasikan pedoman lomba ke Cabang Juni2013

Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Kecamatan.

4 Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik)/UPTD Minggu Ke IV

menginformasikan kepadagurusekolah dasar, Juni2013

kepala sekolah dasar, dan pengawas sekolah

dasar

5 PenulisanNaskahInovasi Minggu I Juli s.d.

Minggu I

September2013

6 Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Minggu I

Kependidikan Pendidikan Dasar (Direktorat P2TK September2013

Dikdas) menerima naskah dari peserta seluruh

Indonesia dan mengoleksi/mengadminisitrasikan

(Akhir)

7 Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Minggu II-III

Kependidikan Pendidikan Dasar (Direktorat P2TK September2013

Dikdas) menseleksi Administrasi dan memilih

peserta yang memenuhi persyaratan

8 Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Minggu IV

Kependidikan Pendidikan Dasar (Direktorat P2TK September2013

Dikdas) menyerahkan Naskah Lomba kepada

Juri untuk memilih 99 (sembilan puluh sembilan)

peserta terbaikyang terdiri dari: 1 (satu) orang

guru, 1 (satu) orang kepala sekolah, dan 1 (satu)

orang pengawas dari masing-masing provinsi.

9 Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Minggu IV

Kependidikan Pendidikan Dasar (Direktorat P2TK September2013

Dikdas) memanggil 99 (sembilan puluh sembilan)

orang peserta terbaik

10 Juri menilai tes tertulis, wawancara dan 1-3 Oktober 2013

presentasi peserta

11 Juri menetapkan 9(sembilan) peserta terbaik 4 Oktober 2013

dengan ketentuan:

 3 (tiga) terbaik untuk kategori guru sekolah

dasar

 3 (tiga) terbaik untuk kategori kepala sekolah

dasar

 3 (tiga) terbaik untuk kategori pengawas

sekolah dasar

12 Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga 5 Oktober 2013

Kependidikan Pendidikan Dasar (Direktorat P2TK

Dikdas) menyerahkan hadiah dan piagam



12



----------------------- Page 17-----------------------



K. Pengiriman Karya Inovasi Pembelajaran



1. Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar



Tingkat Nasional Tahun 2013dimasukkan ke dalam amplop dengan menuliskan di



sudut kiri atas salah satu label berikut ini.



 INOBEL GURU SEKOLAH DASAR



 INOBEL KEPALA SEKOLAH DASAR



 INOBEL PENGAWAS SEKOLAH DASAR



2. Karya Inovasidikirimkan kepada Panitia Lomba dengan alamat:



Panitia Lomba Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga KependidikanSekolah



Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013



Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar



(Direktorat P2TK Dikdas), Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan



Gedung C Lt. 18



Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta. Kode Pos 12270.



3. Karya Inovasi dikirimkan kepada Panitia Lomba paling lambat tanggal 30



September 2013 (stempel POS).



4. Kontak Person:



a. Herlina Kamase, telepon: 08128521025



b. Edna Betty,telepon:08176353826



c. Sri Mulyani, telepon:08128820112



L. Penghargaan Pemenang



Pemenang dan nominator Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga



Kependidikan Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 akan diberikan hadiah



berupa uang, imbal prestasi berupa 1 (satu) buah laptop, dan sertifikat.



13



----------------------- Page 18-----------------------



BAB III

PELAKSANAAN LOMBAKARYAINOVASI PEMBELAJARAN

BAGI GURU SEKOLAH DASAR



A. Sasaran



Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah



Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 adalah guru sekolah dasar di seluruh



Indonesia, yang meliputi guru kelas dan/atau guru mata pelajaran baik yang



mengajar di sekolah negeri maupun swasta.



B. Ruang Lingkup



Ruang lingkup kegiatan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga



Kependidikan Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 adalah pengalaman



pembelajaran terbaik guru yang merupakan hasil inovasi pembelajaran di



sekolahyang meliputi sebagai berikut.



1. Menemukan Teknologi Tepat Guna



Karya Teknologi Tepat Guna bidang pembelajaran adalah karya hasil



rancangan/ pengembangan/ percobaan dalam bidang pembelajaran yang dibuat



atau dihasilkan dengan menggunakan bahan, sistem, atau metodologi tertentu



dan dimanfaatkan untuk peningkatan mutu pendidikan.



2. Menemukan/Menciptakan Karya Seni



Menemukan/menciptakan karya seni adalah proses perefleksian nilai-nilai



dan gagasan manusia yang diekspresikan secara estetika dalam berbagai



medium seperti rupa, gerak, bunyi, dan kata yang mampu meningkatkan mutu



pendidikan.



3. Membuat/Memodifikasi Alat Pelajaran/Peraga/ Praktikum



a. Membuat Alat Pelajaran



Alat pelajaran adalah alat yang digunakan untuk membantu meningkatkan



efektivitas proses pembelajaran di sekolah dasar.



1) Alat bantu presentasi (contoh: papan tulis inovatif).



2) Alat bantu olahraga (contoh: alat bantu loncat tinggi, alat bantu senam).



3) Alat bantu praktik (contoh: alat penjepit/fixtures), panel listrik).



4) Alat pelajaran yang dibuat dari barang bekas yang tersedia di lingkungan



sekitar (contoh: roket dari botol plastik bekas).



5) Alat lain yang membantu kelancaran proses pembelajaran.



14



----------------------- Page 19-----------------------



b. Membuat Alat Peraga



Alat peraga adalah alat yang digunakan untuk memperjelas



konsep/teori/cara kerja tertentu yang dipergunakan dalam proses



pembelajaran.



Jenis alat peraga



1) Poster/gambar untuk pelajaran (contoh: poster rangka manusia, gambar



tunggal dan gambar seri).



2) Gambar yang memanfaatkan komputer (compic=computer pictures)



(contoh: simbol-simbol, dan rambu-rambu lalu lintas).



3) Alat permainan pendidikan (contoh: kartu bergambar, monopoli IPA).



4) Model benda/barang atau alat tertentu (contoh: model mata, model alat



pengolahan limbah, prototipe, model solar-sel).



5) Benda potongan (contoh: puzzle).



6) Video pembelajaran (contoh: video interaktif).



7) Gambar animasi komputer (contoh: animasi cerita, visualisasi struktur



bumi).



c. Membuat Alat Praktikum



Alat praktikum adalah alat yang digunakan untuk praktikum sains,



matematika, teknik, bahasa, ilmu sosial, humaniora, dan keilmuan lainnya.



C. Persyaratan Peserta



Persyaratan peserta Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga



Kependidikan Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 adalah sebagai berikut.



1. Guru SD yang memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan(NUPTK)



dengan melampirkan surat rekomendasi dari kepala sekolah.



2. Melampirkan biodata.



3. Memiliki kualifikasi akademik minimum Sarjana (S1) atau Diploma Empat (D-IV).



4. Memiliki sertifikat pendidik.



5. Melaksanakan pembelajaran minimum 2 (dua) tahun berturut-turut sebagai guru



kelas atau guru mata pelajaran yang diampu dengan beban mengajar minimal



24 jam per minggu.



6. Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter.



7. Belum pernah menjadi juara 1, 2, atau 3 Guru SD Berprestasi Tingkat Nasional



untuk tahun 2011, 2012, dan 2013.



15



----------------------- Page 20-----------------------



8. Tidak mengajukan karya inovasi yang sama pada kegiatan sejenis yang



dilaksanakan oleh Kemeneterian Pendidikan dan Kebudayaan.



D. Persyaratan Karya



1. Persyaratan Umum



Persyaratan karya yang diikutkan dalam Lomba Karya Inovasi Pembelajaran



Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun



2013 adalahsebagai berikut.



a. Bersifat individual.



b. Dilaksanakan 2 (dua) tahun terakhir.



c. Belum pernah diikut sertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional atau



internasional.



(Tiga persyaratan tersebut dinyatakan dengan surat pernyataan



ditandatangani yang bersangkutan)



2. Persyaratan Khusus



Komponen Subkomponen Bukti Fisik



Persiapan/per  Identifikasi masalah Karya Tulis Desain



encanaan  Kajian pemecahan masalah Inovasi



 Desain inovasi



 Indikator keberhasilan



Implementasi  Rencana Pelaksanaan Dokumen RPP



Pembelajaran (RPP) Dokumen RPP



 Bahan Pembelajaran Dokumen Proses



 Proses Pembelajaran Belajar Mengajar



 Data Hasil (PBM)



 Refleksi (self assessment) (angka dan atau hasil



terhadap implementasi observasi)



Diseminasi  Panduan penggunaan inovasi



Fakta Guru berinovasi untuk meningkatkan proses pembelajaran.



1. Teknologi Tepat Guna



a. Media Pembelajaran/bahan ajar berbasis teknologi informatika.



16



----------------------- Page 21-----------------------



b. Program Aplikasi Komputer.



c. Pengembangan Metodologi Pembelajaran.



Untuk guru kelas 1 sampai dengan kelas 3, metode yang dikembangkan



menggunakan pembelajaran tematik.Untuk guru kelas 4 sampai dengan 6,



metode yang dikembangkan menggunakan pembelajaran parsial.



2. Alat Bantu Pembelajaran



a. Alat Pelajaran



Persyaratan karya yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.



1) Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat pelajaran



yang dilengkapi dengan gambar/foto alat pelajaran tersebut apabila alat



pelajaran tidak memungkinkan untuk dikirim.



2) Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat pelajaran



yang dilengkapi dengan alat pelajaran yang dibuat apabila alat pelajaran



tersebut memungkinkan untuk dikirim.



Sistematika laporan adalah sebagai berikut.



a) Cover/Halaman Judul: judul, nama pencipta, NIP, nama dan logo



sekolah.



b) Identitas pencipta: nama lengkap, NIP, tempat dantanggal lahir,



pangkat/golongan, institusi/unit kerja, alamat unit kerja, dan lain-lain



yang disahkan oleh kepala sekolah atau atasan langsung.



c) Prakata pencipta



d) Daftar isi, Daftar gambar



e) Bagian I: Pendahuluan (latar belakang ide inovasi, makna dan



tujuan).



f) Bagian II: Refleksi proses kreatif/inovasi (bahan, alat, ukuran, lama



pengerjaan, deskripsi proses kreatif dari prainovasi hingga



pascainovasi dikuatkan dengan foto-foto dan atau rekaman



audio/audiovisual, dan deskripsi kegiatan



pameran/publikasi/pertunjukan disertai katalog dan foto-foto dan



atau rekaman audiovisual).



g) Bagian III: Penutup



h) Referensi/Kepustakaan



i) Lampiran:



17



----------------------- Page 22-----------------------



(1) Biodata ringkas pencipta



(2) Surat pernyataan kepala sekolah/atasan langsung tentang



kebenaran keaslian, kepemilikan, dan bukti bahwa karya seni



tersebut belum pernah diajukan untuk kenaikan pangkat



sebelumnya.



(3) Bukti pengakuan/rekomendasi dari dewan kesenian atau



organisasi profesi kesenian yang relevan minimal tingkat



kabupaten/kota.



(4) Bukti lain/pendukung (jika ada), seperti: kliping resensi dari



media massa cetak/elektronik nasional, sertifikat/penghargaan



memenangkan lomba karya seni dan sebagainya.



(Catatan: Laporan tersebut harus disahkan oleh kepala



sekolah pada halaman pengesahan, format terlampir).



b. Alat Peraga



Persyaratan karya yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.



1) Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat peraga



yang dilengkapi dengan gambar/foto alat peraga tersebut,apabila alat



peraga tidak memungkinkan untuk dikirim.



2) Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat peraga



yang dilengkapi dengan alat peraga yang dibuat, apabila alat peraga



tersebut memungkinkan untuk dikirim.



(Laporan tersebut harus dilengkapi dengan lembar pengesahan



dari kepala sekolah bahwa alat peraga tersebut dipergunakan di



sekolah).



Sistimatika laporan pembuatan alat peraga sebagai berikut.



 Halaman judul.



 Halaman pengesahan oleh kepala sekolah/atasan langsung.



 Halaman pernyataan dari pembuat bahwa alat pelajaran ini benar-benar



asli hasil karyanya.



 Prakata pembuat.



 Daftar isi laporan.



 Daftar gambar.



 Nama alat



 Tujuan.



18



----------------------- Page 23-----------------------



 Manfaat.



 Rancangan/desain alat dilengkapi dengan gambar rancangan atau



diagram alir serta daftar dan foto alat dan bahan yang digunakan.



 Prosedur pembuatan alat dilengkapi dengan foto pembuatan.



 Penggunaan alat di sekolah dilengkapi dengan foto penggunaan.



c. Alat Praktikum



Persyaratan karya yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut.



1) Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat praktikum



yang dilengkapi dengan VCD atau gambar/foto alat praktikum tersebut



apabila alat praktikum tidak memungkinkan untuk dikirim.



2) Laporan tertulis tentang cara pembuatan dan penggunaan alat praktikum



yang dilengkapi dengan alat praktikum yang dibuat apabila alat



praktikum tersebut memungkinkan untuk dikirim.



Laporan tersebut harus dilengkapi dengan lembar pengesahan dari



kepala sekolah bahwa alat praktikum tersebut dipergunakan di sekolah.



Sistimatika laporan pembuatan alat praktikum sebagai berikut



 Halaman judul



 Halaman pengesahan oleh kepala sekolah/atasan langsung.



 Halaman pernyataan dari pembuat bahwa alat pelajaran ini benar-



benar asli hasil karyanya.



 Prakata pembuat.



 Daftar isi laporan



 Daftar gambar



 Nama Alat



 Tujuan



 Manfaat



 Rancangan/desain alat dilengkapi dengan gambar rancangan atau



diagram alir serta daftar dan foto alat dan bahan yang digunakan.



 Prosedur pembuatan alat dilengkapi dengan foto pembuatan



 Penggunaan alat di sekolah dilengkapi dengan foto penggunaan.



19



----------------------- Page 24-----------------------



d. Komponen yang Dinilai



1) Karya Inovatif Nonmetode Pembelajaran.



BOBOT

NO KOMPONEN KRITERIA BUKTI FISIK

(%)

1. Pengembangan Asli 30 Karya



Produk Aplikatif Laporan



Inovatif



2. Pemanfaatan Mendukung 50 Perencanaan:



produk dalam ketercapaian RPP, bahan



Proses Belajar tujuan ajar, media



Mengajar pembelajaran pembelajaran,



(PBM) Meningkatkan perangkat



partisipasi penilaian



peserta didik Pelaksanaan:



video



pembelajaran



dan atau foto



pembelajaran



Penilaian:



dokumen



penialain (soal



dan hasil;



Lembar Kerja



dan hasilnya)



3. Laporan Kesesuaian 20 Laporan



Materi



Sistematis



Penggunaan



Bahasa



20



----------------------- Page 25-----------------------



2) Karya Inovatif Metode Pembelajaran



BOBOT

NO KOMPONEN KRITERIA BUKTI FISIK

(%)

1. Pengembangan Asli 30 Laporan



Metode Aplikatif



Inovatif



2. Pemanfaatan Mendukung 50 Perencanaan:



Metode dalam ketercapaian RPP, bahan



Pembelajaran kompetensi ajar, media



Meningkatkan pembelajaran,



partisipasi perangkat



peserta didik penilaian



Pelaksanaan:



video



pembelajaran



dan atau foto



pembelajaran



Penilaian:



dokumen



penilaian (soal



dan hasil;



Lembar Kerja



dan hasilnya)



3. Laporan Kesesuaian 20 Laporan



Materi



Sistematis



Penggunaan



Bahasa



Keterangan:



1. Asli,karya inovasi pembelajaran yang ditemukan, dilaksanakan, dan diusulkan



merupakan karya murni ciptaan sendiri.



21



----------------------- Page 26-----------------------



2. Aplikatif, karya inovasi pembelajaran yang ditemukan, dilaksanakan, dan



diusulkan mudah diterapkan, digunakan, dan dikembangkan oleh pengguna.



3. Bermakna, karya inovasi pembelajaran yang ditemukan, dilaksanakan, dan



diusulkan memiliki makna untuk mendukung peningkatan mutu pembelajaran.



4. Sistematis: karya inovasi pembelajaran yang ditemukan, dilaksanakan, dan



diusulkan serta diskripsinya dengan menggunakan sistematika yang runtut,



mudah dipahami, mudah dikuasai, dan mudah dilaksanakan.



E. Sistematika Laporan Naskah Inovasi Pembelajaran



SistematikaNaskah Inovasi Pembelajaran



 HALAMAN JUDUL



 HALAMAN PERNYATAAN



 HALAMAN PENGESAHAN



 KATA PENGANTAR



 RINGKASAN/ABSTRAK



 DAFTAR ISI



 DAFTAR TABEL



 DAFTAR GAMBAR/FOTO



 DAFTAR LAMPIRAN



BAB I PENDAHULUAN



A. Latar Belakang



B. Permasalahan



C. Rancangan Pemecahan Masalah



D. Tujuan



E. Manfaat



BAB II LANDASAN TEORI



A. Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Pembelajaran



B. Alternatif Rancangan Aplikasi Karya Inovasi Pembelajaran



BAB III KARYA INOVASI PEMBELAJARAN ...



A. Ide Dasar



B. Proses Inovasi



C. Aplikasi Praktis untuk Pembelajaran



D. Penggandaan



22



----------------------- Page 27-----------------------



BAB IV PENUTUP



A. Simpulan



B. Rekomendasi



DAFTAR PUSTAKA



LAMPIRAN



1. Biodata



2. Instrumen dan dokumen lain yang berkaitan dengan karya inovasi.



Penjelasanmasing-masing komponen dalam sistematika penulisan.



 HALAMAN JUDUL



Cover warna hijau dengan ukuran kertas A-4, seperti contoh berikut:



JUDUL



(Ukuran huruf: 14 point)



NASKAH LOMBA



KARYA INOVASI PEMBELAJARAN



PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN



TINGKAT NASIONAL



TAHUN 2013



(Ukuran huruf: 12 point)



Oleh:



Nama



Nama dan alamat tempat bertugas pengusul



23



----------------------- Page 28-----------------------



 HALAMAN PERNYATAAN



Surat pernyataan menggunakan format sebagai berikut.



SURAT PERNYATAAN



Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:



N a m a : ……………………………………………..



(lengkap dengan gelar)



NIP : ……………………………………………..



Pangkat/Golongan : ……………………………………………..



NUPTK : ……………………………………………..



menyatakan dengan sebenarnya bahwa karya inovasi pembelajaran yang berjudul:



“…………………………………………………………………………………………..………………



………………………………………”



1. Karya inovasi ini saya buat sendiri dan tidak menyalin atau menjiplak karya orang lain.



2. Dilaksanakan pada tahun …...



3. Belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik tingkat nasional maupun



internasional.



Apabila terbukti tidak sesuai dengan pernyataan tersebut di atas, saya bersedia menerima



sanksi sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku.



Surat pernyataan ini saya buat secara sadar, sehat jasmani dan rohani.



…………………….., …….. 2013



Yang membuat pernyataan,



Meterai Rp. 6.000



Tanda Tangan



(Nama Jelas)



24



----------------------- Page 29-----------------------



 HALAMAN PENGESAHAN



Pengesahan dari kepala sekolah danDinas Pendidikan untuk peserta guru



sekolah dasar menggunakan format sebagai berikut.



PENGESAHAN



Yang bertanda tangan di bawah ini, mengesahkan karya inovasi pembelajaran berjudul

..............................................................................................................



Adalah karya inovasi pembelajaran yang dibuat oleh.......................................



………………, ………-…….-2013



Yang mengesahkan,



Kepala Sekolah...............................



Tanda tangan dan cap



(Nama jelas)

NIP.



Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota *) .........................



Tanda tangan dan cap



(Nama Jelas)

NIP.



*) Hilangkan yang tidak perlu.



25



----------------------- Page 30-----------------------



Uraian Penyusunan Naskah Lomba



KOMPONEN PENJELASAN



Judul • Ditulis dalam huruf kapital.



• Singkat, jelas, padat, dan informatif.



• Mencerminkan isi inovasi pembelajaran



• Maksimal 20 kata.



Pendahuluan a. Latar Belakang.



Memiliki kejelasan alur pikir antara pemilihan judul



dengan tujuan inovasi pembelajaran yang diajukan serta



urgensi pencapaian tujuan pendidikan nasional.



b. Permasalahan.



Disusun sesuai dengan permasalahan yang dihadapi



pada pelaksanaan pembelajaran yang menyebabkan



pencapaian tujuan tidak optimal.



c. Rancangan Pemecahan Masalah.



Merupakan alternatif yang diperkirakan dapat mengatasi



atau memecahkan permasalahan yang dihadapi pada



pelaksanaan pembelajaran sehingga pencapaian tujuan



menjadi optimal.



d. Tujuan.



Berisi sasaran yang akan dicapai dari inovasi



pembelajaran yang diajukan sehingga urgensi



pencapaian tujuan pendidikan nasional diperkirakan



dapat dicapai.



e. Manfaat.



Merupakanhasilyang mungkin diperoleh dari



implementasi inovasi pembelajaran yang dihasilkan.



Landasan Prinsip-prinsip yang melandasi pengembangan inovasi



Pengembangan pembelajaran,



Inovasi  Merupakan pemikiranyang melandasi pengembangan



inovasi pembelajaran.



 Pengalaman yang melandasi pemecahan masalah pada



pelaksanaan pembelajaran sehingga tujuan



26



----------------------- Page 31-----------------------



pembelajaran dapat dicapai secara optimal.



Pengembangan a. Deskripsi Inovasi



Inovasi  Penjelasan tentang pendekatan yang dipakai dalam



Pembelajaran merancang inovasi pembelajaran yang diajukan.



 Jenis inovasi pembelajaran yang dirancang.



 Desain dan konsep dasar inovasi pembelajaran yang



dirancang.



b. Proses Inovasi



 Deskripsi langkah-langkah inovasi pembelajaran



yangdiajukan.



 Bagan alir tentang proses penyusunan/pembuatan



karya inovasi pembelajaran.



c. Manfaat Inovasi Pembelajaran



Penjelasan tentang manfaat karya inovasi pembelajaran



yang dibuat.



d. Diseminasi



Penjelasan teknis tentang penggandaan/perbanyakan



karya inovasi pembelajaran agar dapat disebarluaskan



dan digunakan oleh kelompok guru SD, kepala SD,



pengawas SD lainnya.



Penutup a. Simpulan



Capaian yang diperoleh dari karya inovasi pembelajaran



untuk meningkatkan mutu pembelajaran.



b. Rekomendasi



Penjelasan tentang saran untuk penggunaan dan



pengembangan lebih lanjut.



Daftar Pustaka Semua sumber informasi yang dikutip sebagai tinjauan



kepustakaan yang disampaikan secara lengkap.



Lampiran- a. Biodata



Lampiran b. Instrumen dan dokumen lain yang berkaitan dengan



karya inovasi pembelajaran.



27



----------------------- Page 32-----------------------



BAB IV

PELAKSANAAN LOMBA KARYA INOVASI PEMBELAJARAN

BAGI KEPALA SEKOLAH DASAR



A. Sasaran



Sasaran kegiatan Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Kepala SekolahDasar



Tingkat Nasional Tahun 2013 adalah kepala sekolah dasar di seluruh Indonesia



baik yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun bukan PNS.



B. Ruang Lingkup



Ruang lingkup kegiatan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan



Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 adalah



pengalaman pembelajaran terbaik kepala sekolah yang merupakan hasil inovasi



manajemen dan supervisi di sekolah yang meliputi jenis-jenis sebagai berikut.



1. Pengembangan Sekolah



Inovasi dalam pengembangan sekolah adalah suatu upaya yang dapat



dikategorikan sebuah inovasi untuk mengembangkan sekolah.Ruang lingkup



pengembangan sekolah yang dapat dilakukan meliputi kegiatan sebagai



berikut.



a. Pengembangan Sumber Daya Sekolah.



Inovasi di bidang ini merupakan upaya dalam menggunakan sumber daya



sekolah untuk mencapai tujuan sekolah sesuai dengan visi dan misi



sekolah menggunakan strategi tertentu.



b. Budaya Mutu.



Inovasi di bidang ini merupakan upaya untuk membangun sekolah sebagai



sebuah sistem nilai organisasi yang menghasilkan suatu lingkungan yang



kondusif bagi pembentukan dan perbaikan mutu secara berkelanjutan.



c. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia



Inovasi di bidang ini merupakan upaya untuk memberdayakan warga



sekolah sehingga dapat melaksanakan tugas dan fungsi secara mandiri



melalui strategi tertentu.



28



----------------------- Page 33-----------------------



d. Pelaksanaan Kurikulum



Inovasi di bidang ini merupakan upaya untuk melaksanakan kurikulum



dengan strategi tertentu sehingga dapat mencapai tujuan kurikulum secara



efektif dan efisien.



2. Supervisi



Inovasi di bidang ini merupakan upaya untuk membantu guru dalam



melaksanakan tugas dan fungsi secara profesional melalui strategi tertentu.



C. Persyaratan Peserta



PersyaratanpesertaLomba KaryaInovasiPembelajaranPendidik dan Tenaga



Kependidikan SekolahDasarTahun 2013adalah sebagai berikut.



1. Kepalasekolah dasaryang memiliki Nomor Unit Pendidik dan Tenaga



Kependidikan (NUPTK) denganmelampirkansuratrekomendasidari Dinas



Pendidikan Kaupaten/Kota setempat.



2. Melampirkan biodata.



3. Memilikikualifikasiakademik minimum Sarjana (S1) atau Diploma Empat (D-IV).



4. Memiliki sertifikat pendidik.



5. Melaksanakan tugas sebagai kepala sekolah minimum satu tahun.



6. Sehatjasmanidanrohani yang dibuktikandengansuratketerangandokter.



7. Belumpernahmenjadijuara 1, 2, atau 3 KepalaSekolah DasarBerprestasi



Tingkat Nasionalpadatahun 2011, 2012, dan 2013.



8. Tidak mengajukan karya inovasi yang sama pada kegiatan sejenis yang



dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.



D. Persyaratan Karya



1. Persyaratan Umum



Persyaratan karya yang diikutkan dalam Lomba Karya Inovasi Manajemen



dan Supervisi bagiKepala Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013



adalahsebagai berikut.



a. Bersifat individual.



b. Dilaksanakan 2 (dua) tahun terakhir.



c. Belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional



atau internasional.



29



----------------------- Page 34-----------------------



(Tiga persyaratan tersebut dinyatakan dengan surat pernyataan



ditandatangani yang bersangkutan).



2. Persyaratan Khusus



Fakta Kepala Sekolah melakukan inovasi supervisi akademik adalah



sebagai berikut.



RUANG

LINGKUP/

KOMPONEN SUBKOMPONEN BUKTI FISIK

DESKRIPSI/

URAIAN

Supervisi  Supervisi  Supervisi  Program inovasi



supervise.



 Laporan hasil



pelaksanaan



supervisi dan



tindak lanjut.



 Lamp. laporan:



1) Video/ foto



2) Instrumen



supervisi



Manajemen  Pelaksanaan  Strategi  Rencana inovasi



Kurikulum Pelaksanaan pelaksanaan



Kurikulum kurikulum.



 Laporan



pelaksanaan



inovasi.



 Lamp. laporan:



1) Video/ foto.



2) Instrumen



Pelaksanaan



inovasi.



30



----------------------- Page 35-----------------------



E. Sistematika Laporan Naskah Inovasi Manajemen dan Supervisi



 HALAMAN JUDUL



 HALAMAN PERNYATAAN



 HALAMAN PENGESAHAN



 KATA PENGANTAR



 RINGKASAN/ABSTRAK



 DAFTAR ISI



 DAFTAR TABEL



 DAFTAR GAMBAR/FOTO



 DAFTAR LAMPIRAN



 BAB I PENDAHULUAN



A. Latar Belakang



B. Permasalahan



C. Rancangan Pemecahan Masalah



D. Tujuan



E. Manfaat



 BAB II LANDASAN TEORI



A. Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Manajemen dan



Supervisi



B. Alternatif Rancangan Aplikasi Karya Inovasi Manajemen dan



Supervisi



 BAB III KARYA INOVASI MANAJEMEN DAN SUPERVISI



A. Ide Dasar



B. Perencanaan Inovasi



C. Pelaksanaan Inovasi Manajemen dan Supervisi



 BAB IV PENUTUP



A. Simpulan



B. Rekomendasi



 DAFTAR PUSTAKA



 LAMPIRAN



1. Biodata



2. Bukti fisik terkait dengan inovasi manajemen dan supervisi



3. Instrumen dan dokumen lain yang berkaitan dengan karya inovasi.



Penjelasanmasing-masing komponen dalam sistematika penulisan.



31



----------------------- Page 36-----------------------



 HALAMAN JUDUL



Cover warna birudengan ukuran kertas A-4, seperti contoh berikut:



JUDUL



(Ukuran huruf: 14 point)



NASKAH LOMBA KARYA INOVASI PEMBELAJARAN



PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN



SEKOLAH DASAR TINGKAT NASIONAL



TAHUN 2013



(Ukuran huruf: 12 point)



Oleh:



Nama



Nama dan alamat tempat bertugas pengusul



32



----------------------- Page 37-----------------------



 HALAMAN PERNYATAAN



Surat pernyataan menggunakan format sebagai berikut.



SURAT PERNYATAAN



Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:



N a m a : ……………………………………………..



(lengkap dengan gelar)



NIP : ……………………………………………..



Pangkat/Golongan : ……………………………………………..



NUPTK : ……………………………………………..



menyatakan dengan sebenarnya bahwa karya inovasi pembelajaran yang berjudul:



“…………………………………………………………………………………………..…………………………

……………………………”



1. Karya inovasi ini saya buat sendiri dan tidak menyalin atau menjiplak karya orang lain.

2. Dilaksanakan pada tahun …...

3. Belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik tingkat nasional maupun internasional.



Apabila terbukti tidak sesuai dengan pernyataan tersebut di atas, saya bersedia menerima sanksi

sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku.



Surat pernyataan ini saya buat secara sadar, sehat jasmani dan rohani.



………………...., …….. 2013



Yang membuat pernyataan,



Meterai Rp. 6.000



Tanda Tangan



(Nama Jelas)



33



----------------------- Page 38-----------------------



 HALAMAN PENGESAHAN



Pengesahan dari pengawas dan kepala dinas pendidikan menggunakan format sebagai



berikut.



PENGESAHAN



Yang bertanda tangan di bawah ini, mengesahkan karya inovasi manajemen dan supervisi berjudul



..............................................................................................................



Adalah karya inovasi manajemen dan supervisi yang dibuat oleh..................



………………, ………-…….-2013



Yang mengesahkan,



Pengawas TK/SD Kabupaten/Kota *) .........................



Tanda tangan dan cap



(Nama jelas)



NIP.



Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota *) .........................



Tanda tangan dan cap



(Nama Jelas)



NIP.



*) Hilangkan yang tidak perlu.



34



----------------------- Page 39-----------------------



Uraian Penyusunan Naskah Lomba



KOMPONEN PENJELASAN



Judul • Ditulis dalam huruf kapital.



• Singkat, jelas, padat, dan informatif.



• Mencerminkan isi inovasi manajemen dan supervisi



• Maksimal 20 kata.



Pendahuluan a. Latar Belakang.



Memiliki kejelasan alur pikir antara pemilihan judul dengan



tujuan inovasi manajemen dan supervisiyang diajukan serta



urgensi pencapaian tujuan pendidikan nasional.



b. Permasalahan.



Disusun sesuai dengan permasalahan yang dihadapi pada



pengelolaan yang menyebabkan pencapaian tujuan sekolah



tidak optimal.



c. Rancangan Pemecahan Masalah.



Merupakan alternatif yang diperkirakan dapat mengatasi atau



memecahkan permasalahan yang dihadapi pada pengelolaan



sehingga pencapaian tujuan sekolah menjadi optimal.



d. Tujuan .



Berisi sasaran yang akan dicapai dari inovasi manajemen dan



supervisiyang diajukan sehingga urgensi pencapaian tujuan



pendidikan nasional diperkirakan dapat dicapai.



e. Manfaat.



Merupakanhasilyang mungkin diperoleh dari implementasi



inovasi manajemen dan supervisiyang dihasilkan.



Landasan Prinsip-prinsip yang melandasi pengembangan inovasi



Pengembangan manajemen dan supervisi.



Inovasi  Merupakan pemikiranyang melandasi pengembangan inovasi



manajemen dan supervisi.



 Pengalaman yang melandasi pemecahan masalah pengelolaan



sehingga tujuan sekolah dapat dicapai secara optimal.



Pengembangan a. Deskripsi Inovasi



Inovasi  Penjelasan tentang strategi yang dipakai dalam merancang



35



----------------------- Page 40-----------------------



Manajemen inovasi manajemen dan supervisiyang diajukan,



dan Supervisi  Rancangan dan konsep dasar inovasi manajemen dan



supervisiyang dirancang,



b. Proses Inovasi



 Deskripsi langkah-langkah inovasi manajemen dan



supervisiyangdiajukan.



 Bagan alir tentang proses penyusunankarya inovasi



manajemen dan supervisi.



c. Manfaat InovasiMmanajemen dan Supervisi.



Penjelasan tentang manfaat karya inovasi manajemen dan



supervisiyang dibuat.



Penutup a. Simpulan



Capaian yang diperoleh dari karya inovasi manajemen dan



supervisiuntuk meningkatkan mutu layanan sekolah.



b. Rekomendasi



Penjelasan tentang saran untuk penggunaan dan



pengembangan lebih lanjut.



Daftar Pustaka Semua sumber informasi yang dikutip sebagai tinjauan



kepustakaan yang disampaikan secara lengkap.



Lampiran- a. Biodata



Lampiran b. Instrumen dan dokumen lain yang berkaitan dengan karya



inovasi manajemen dan supervisi.



36



----------------------- Page 41-----------------------



BAB V

PELAKSANAAN LOMBA KARYAINOVASI PEMBELAJARAN

BAGI PENGAWAS SEKOLAH DASAR



A. Sasaran



Sasaran kegiatan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran bagi Pengawas



TK/SD Tingkat Nasional Tahun 2013 adalah pengawas sekolah dasar di seluruh



Indonesia.



B. Ruang Lingkup Inovasi bagi Pengawas



Ruang lingkup kegiatan Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Pengawas



Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 adalah pengalaman kepengawasan



terbaik yang merupakan hasil inovasi kepengawasan yang berdampak pada



peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran, meliputi:



1. Menemukan Model/Sistem/TeknikSupervisiGuru yang Inovatif



Model/sistem/tekniksupervisiguru yang inovatifpada bidang



akademikmencakup proses dan hasil kerja. Proses dan hasil kerja tersebut



antara lain berupa hasil rancangan kerja/ pengembangan/uji coba dalam



bidang supervisi akademik. Hasilnya dikembangkan dengan menggunakan



prinsip dan metodologi tertentu, dan berpotensi memberikan dampak untuk



peningkatan mutu pendidikan, termasuk pendidikan karakter.



2. Menemukan Model/Sistem/TeknikSupervisiKepala Sekolah yang Inovatif



Model/sistem/tekniksupervisikepala sekolah yang inovatifpada bidang



manajerial sekolah yang mampu meningkatkan mutu pendidikan, termasuk



pendidikan karakter, serta pengembangan budaya dan lingkungan sekolah.



C. Persyaratan Peserta



PersyaratanpesertaLombaInovasiPembelajaran bagiPengawas TK/SDTingkat



Nasional Tahun 2013 adalah sebagai berikut.



1. PengawasTK/SD yang memiliki masa kerja minimal 3 tahun sebagai pengawas



denganmelampirkansuratrekomendasidari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.



2. Memiliki sertifikat pendidik.



3. Melampirkan biodata (formulir terlampir).



4. Memiliki kualifikasi akademik minimum Sarjana (S1) atau Diploma Empat (D-



IV).



37



----------------------- Page 42-----------------------



5. Melaksanakan tugas kepengawasan minimal 3 (tiga) tahun berturut-turut.



6. Belum pernah menjadi juara 1 , 2, atau 3 Pengawas Berprestasi Tingkat



Nasional untuk tahun 2011, 2012, dan 2013,dan



7. Tidak mengajukan karya inovasi yang sama pada kegiatan sejenis yang



dilaksanakan oleh Kemdikbud



D. Persyaratan Karya Inovasi



1. Persyaratan Umum



Persyaratan karya yang diikutkan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran bagi



Pengawas TK/SD Tingkat Nasional Tahun 2013 sebagai berikut.



a. Bersifat individual.



b. Dilaksanakan maksimal dalam 2 (dua) tahun terakhir.



c. Belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional



maupun internasional.



(Tiga persyaratan tersebut dinyatakan dengan surat pernyataan



ditandatangani oleh yang bersangkutan, formulir terlampir).



2. Persyaratan Khusus



Fakta Pengawas Berinovasi untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran



KOMPONEN SUBKOMPONEN BUKTI FISIK



Persiapan/Perenc  Identifikasi Masalah Karya Tulis Desain



anaan Inovasi  Kajian Pemecahan Inovasi



Kepengawasan Masalah



 Mendesain Inovasi



 Menyusun Indikator



Keberhasilan



Implementasi  Perencanaan Supervisi  Program Supervisi,



Inovasi  Perangkat Supervisi,



Kepengawasan  Bahan Supervisi,



 Instrumen Supervisi



 Pelaksanaan Supervisi  Jurnal Supervisi,



 Evaluasi Supervisi



38



----------------------- Page 43-----------------------



 Dokumentasi



Kegiatan



 Laporan Supervisi



 Angka dan/atau



Hasil Observasi



 Refleksi (self assessment)



Implementasi  Data Hasil Refleksi



 Rencana Tindak



Lanjut



Diseminasi Rekomendasi Diseminasi Panduan Penggunaan



Inovasi



E. Sistematika Laporan Naskah Inovasi Kepengawasan



 HALAMAN JUDUL



 HALAMAN PERNYATAAN



 HALAMAN PENGESAHAN



 KATA PENGANTAR



 RINGKASAN/ABSTRAK



 DAFTAR ISI



 DAFTAR TABEL



 DAFTAR GAMBAR/FOTO



 DAFTAR LAMPIRAN



 BAB I PENDAHULUAN



A. Latar Belakang



B. Permasalahan



C. Rancangan Pemecahan Masalah



D. Tujuan



E. Manfaat



 BAB II LANDASAN TEORI



A. Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Kepengawasan



B. Alternatif Rancangan Aplikasi Karya Inovasi Kepengawasan



 BAB III KARYA INOVASI KEPENGAWASAN



A. Ide Dasar



39



----------------------- Page 44-----------------------



B. Perencanaan Inovasi



C. Pelaksanaan Inovasi Kepengawasan



 BAB IV PENUTUP



A. Simpulan



B. Rekomendasi



 DAFTAR PUSTAKA



 LAMPIRAN



1. Biodata



2. Bukti fisik terkait dengan inovasi kepengawasan



3. Instrumen dan dokumen lain yang berkaitan dengan karya inovasi.



Penjelasanmasing-masing komponen dalam sistematika penulisan.



 HALAMAN JUDUL



Cover warna merahdengan ukuran kertas A-4, seperti contoh berikut:



JUDUL



(Ukuran huruf: 14 point)



NASKAH LOMBA KARYA INOVASI KEPENGAWASAN

BAGI PENGAWAS SEKOLAHDASAR TINGKAT NASIONAL

TAHUN 2013

(Ukuran huruf: 12 point)



Oleh:



Nama



Nama dan alamat dinas/UPTD pengusul



 HALAMAN PERNYATAAN



Surat pernyataan menggunakan format sebagai berikut.



40



----------------------- Page 45-----------------------



SURAT PERNYATAAN



Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:



N a m a : ……………………………………………..



(lengkap dengan gelar)



NIP : ……………………………………………..



Pangkat/Golongan : ……………………………………………..



Unit Kerja : ……………………………………………..



NUPTK : ……………………………………………..



menyatakan dengan sebenarnya bahwa karya inovasi kepengawasan yang berjudul:



“…………………………………………………………………………………………..…………………



……………………………………”



1. Karya inovasi ini saya buat sendiri dan tidak menyalin atau menjiplak karya orang lain.



2. Dilaksanakan pada tahun …...



3. Belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik tingkat nasional maupun



internasional.



Apabila terbukti tidak sesuai dengan pernyataan tersebut di atas, saya bersedia menerima



sanksi sesuai peraturan dan perundangan yang berlaku.



Surat pernyataan ini saya buat secara sadar, sehat jasmani dan rohani.



…………………….., …….. 2013



Yang membuat pernyataan,



Meterai Rp. 6.000



Tanda Tangan



(Nama Jelas)



41



----------------------- Page 46-----------------------



 HALAMAN PENGESAHAN



Pengesahan dari Kepala Dinas Pendidikan dan/atau UPTD menggunakan format



sebagai berikut.



PENGESAHAN



Yang bertanda tangan di bawah ini, mengesahkan karya inovasi kepengawasan berjudul



..............................................................................................................



Adalah karya inovasi kepengawasan yang dibuat oleh..................



………………, ………-…….-2013



Yang mengesahkan,

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Kepala UPTD Kecamatan…. *) .........................



Tanda tangan dan cap



(Nama jelas)

NIP.



Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Kepala UPTD Kecamatan *) .........................



Tanda tangan dan cap



(Nama Jelas)

NIP.



*) Hilangkan yang tidak perlu.



42



----------------------- Page 47-----------------------



KOMPONEN PENJELASAN



Judul • Ditulis dalam huruf kapital.



• Singkat, jelas, padat, dan informatif.



• Mencerminkan isi inovasi kepengawasan



• Maksimal 20 kata.



Pendahuluan a. Latar Belakang



Memiliki kejelasan alur pikir antara pemilihan judul



dengan tujuan inovasi kepengawasanyang diajukan



serta urgensi pencapaian tujuan pendidikan nasional.



b. Permasalahan



Disusun sesuai dengan permasalahan terkait kepe-



ngawasan yang menyebabkan pencapaian tujuan



peningkatan mutu pendidikantidak optimal.



c. Rancangan Pemecahan Masalah



Merupakan alternatif yang diperkirakan dapat mengatasi



atau memecahkan permasalahan yang dihadapi pada



kepengawasan sehingga pencapaian tujuan



peningkatan mutu pendidikanmenjadi optimal.



d. Tujuan



Berisi sasaran yang akan dicapai dari inovasi



kepengawasanyang diajukan sehingga urgensi pen-

=capaian tujuan pendidikan nasional diperkirakan



dapat dicapai.



e. Manfaat



Merupakanhasilyang mungkin diperoleh dari imple-



mentasi inovasi kepengawasanyang dihasilkan.



Landasan Prinsip-prinsip yang Melandasi Pengembangan Inovasi



Pengembangan Kepengawasan



Inovasi a. Merupakan pemikiranyang melandasi pengembang-



Kepengawasan an inovasi kepengawasan.



b. Pengalaman yang melandasi pemecahan masalah



kepengawasan sehingga tujuan peningkatan mutu



pendidikan dapat dicapai secara optimal.



43



----------------------- Page 48-----------------------



Pengembangan a. Deskripsi Inovasi



Inovasi 1) Penjelasan tentang strategi yang dipakai dalam



Kepengawasan merancang inovasi kepengawasanyang diajukan,



2) Rancangan dan konsep dasar inovasi kepe-



ngawasanyang dirancang,



b. Proses Inovasi



Deskripsi langkah-langkah inovasi



kepengawasanyangdiajukan.



Bagan alir tentang proses penyusunankarya inovasi



kepengawasan



c. Manfaat InovasiKepengawasan



Penjelasan tentang manfaat karya inovasi kepenga-



wasan yang dibuat.



Penutup a. Simpulan



Capaian yang diperoleh dari karya inovasi kepenga-



wasanuntuk meningkatkan mutu pendidikan.
ngembangan lebih lanjut.



Daftar Pustaka Semua sumber informasi yang dikutip sebagai tinjauan



kepustakaan yang disampaikan secara lengkap.



Lampiran- a. Biodata



Lampiran b. Instrumen dan dokumen lain yang berkaitan dengan



karya inovasi kepengawasan



44



----------------------- Page 49-----------------------



BAB VI

PENUTUP



Demikian pedoman Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga



Kependidikan Sekolah Dasar Tingkat Nasional Tahun 2013 dengan harapan dapat



menjadi acuan bagi semua pihak dalam mengimplemntasikan program dimaksud sesuai



dengan tujuan yang telah ditetapkan. Dalam implementasinya, program Lomba Karya



Inovasi Pembelajaran Pendidik dan Tenaga KependidikanSekolah Dasar Tingkat



Nasional Tahun 2013 memerlukan dukungan dari semua pihak, termasuk di dalamnya



Pemerintah Daerah untuk mengambil peran lebih aktif dalam upaya



menyebarluaskan/mensosialisasikan kegiatan lomba ini bagi para guru, kepala sekolah,

kin banyaknya guru, kepala sekolah, dan pengawas yang ikut berpartisipasi

dalam lomba ini, diharapkan akanmuncul lebih banyakide-
idekreatifyangterbuktimeningkatkan kualitas pembelajaran. Selanjutnya, hasil karya
inovatifkelak dapatditerapkandandikembangkanoleh guru-guru lain.


Lampiran 1
BIODATA PESERTA

PERLOMBAAN KARYA INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIK DAN TENAGA

KEPENDIDIKANPENDIDIKAN DASARTINGKAT NASIONALTAHUN 2013

1. Nama :.............................................................................
2. NIP/NIGB/NIY *) :.............................................................................
3. NUPTK :.............................................................................
4. Nomor Registrasi Guru : .............................................................................
5. Jabatan**) :Guru/Kepala Sekolah/Pengawas
6. Pangkat/gol. Ruang : .............................................................................
7. Tempat dan tanggal lahir : .............................................................................
8. Jenis kelamin : .............................................................................
9.. Agama : ..................................................................................
10.Mata Pelajaran yang diajarkan :...............................................................................
11.Masa kerja guru ***) :……. (………………) Tahun
12.Judul karya tulis ilmiah : ..................................................................................
13.Pendidikan terakhir : ..................................................................................
14.Fakultas/jurusan ****) : ..................................................................................
15.Sekolah/Tempat Bertugas
a. Nama sekolah : .................................................................................
b. Jalan : ..................................................................................
c. Kelurahan/Desa : ..................................................................................
d. Kecamatan : ..................................................................................
e. Kabupaten/Kota : ..................................................................................
f. Propinsi : ..................................................................................
g. Telepon : ..................................................................................
16.Alamat rumah
a. Jalan : ..................................................................................
b. Kelurahan/Desa : ..................................................................................
. Kecamatan : ..................................................................................
d. Kabupaten/Kota : ..................................................................................
e. Propinsi : ..................................................................................


f. Nomor Kontak : HP................................., Telepon : (…) …………….
17. Alamat e-mail : ..................................................................................
18. kegiatan peningkatan profesional guru yang diikuti ****)
………………………………………………………………………………………………
19. Kegiatan Lomba Guru yang pernah diikuti

………………………..2013



Mengetahui :

Kepala Sekolah Peserta Lomba



………………..…….…. …………….…………..



NIP. NIP.

Catatan:
*) Dapat ditulis bagi yang memiliki
**)....... Pilih salah satu .

***) SK CPNS/Surat Keterangan menjadi guru dari yayasan
****) Kalau ada



*****) Dapat ditulis pada kertas tersendiri



47



Categories:

Leave a Reply