Program Sekolah
KATA PENGANTAR
Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah ( RAPBS ), merupakan rencana program sekolah yang terkait dengan sumber dana untuk masing-masing kegiatan dalam satu tahun pelajaran guna menunjang kelancaran Proses Belajar Mengajar.
Dengan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah akan mencerminkan sumber dana yang diperoleh untuk masing-masing kegiatan serta sekaligus sebagai alat monitor dan pengawasan bagi kelancaran proses belajar mengajar.
Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah disusun oleh tim RAPBS SMP Negeri 1 Takeran yaitu Kepala Sekolah, Pengurus Komite Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan Urusan serta dibantu oleh Guru dan tenaga kependidikan yang ditunjuk dan selanjutnya disosialisasikan keseluruh guru, karyawan dan anggota Komite Sekolah atau orang tua peserta didik.
Dengan disusunnya RAPBS ini, semua pihak dapat memahami dan mengetahui secara terbuka tentang perencanaan dan penggunaan dana yang ada di SMP Negeri 1 Takeran , Kabupaten Magetan.
Takeran, Juli 2010
Penyusun
i
LATAR BELAKANG
Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah, merupakan pedoman operasional pembiayaan seluruh kegiatan sekolah. Agar supaya semua kegiatan sekolah terdanai dan untuk memudahkan pengontrolan maka perlu disusun RAPBS secara representatif dan komprehensif dengan melibatkan seluruh warga sekolah.
RAPBS disusun berdasrkan Rencana Pengembangan Sekolah ( Renstra dan Renop ) atas pertimbangan :
1. Program Sekolah ( Jangka panjang/ menegah/ pendek )
2. Sumber dana BOS.
3. Sumber dana insidentil
4. Sumber dana lain.
Perumusan RAPBS ini melalui tahapan-tahapan sebagai berikut :
1. Pembahasan di tingkat penanggung jawab kegiatan sekolah dan tim
2. Pembahasan di tingkat seluruh warga sekolah
3. Pembahasan di tingkat rapat pleno anggota komite sekolah.
Dengan pertimbangan dan pembahasan yang matang diharapkan RAPBS ini dapat menjadi pedoman dan dasar acuan pelaksanaan seluruh kegiatan yang ada di sekolah, sehingga dapat berdaya guna dan berhasil guna untuk mencapai prestasi dan prestise SMP Negeri 1 Takeran.
ii
PROGRAM SEKOLAH
I. Visi : mencetak generasi beriman, berbudi pekerti luhur, terampil dan berilmu.
Indikator Visi :
1. Terwujudnya standar isi
2. Terwujudnya standar Proses
3. Terwujudnya standar Kelulusan
4. Terwujudnya standar Pendidikan dan tenaga kependidikan
5. Terwujudnya standar Sarana dan Prasarana
6. Terwujudnya standar Pengelolaan
7. Terwujudnya standar Pembiayaan
8. Terwujudnya standar Penilaian
9. Terwujudnya Lingkungan Sekolah yang Menyenangkan
10. Terwujudnya Budaya Gemar Membaca
11. Terwujudnya Sekolah Bernuansa Pondok Pesantren
II. Misi :
1. Mewujutkan standar isi sesuai SNP
2. Mewujutkan standar Proses sesuai SNP
3. Mewujudkan standar Kelulusan sesuai SNP
4. Mewujudkan standar Pendidik dan tenaga kependidikan sesuai SNP
5. Mewujudkan standar Sarana dan Prasarana sesuai SNP
6. Mewujudkan standar Pengelolaan sesuai SNP
7. Mewujudkan standar Pembiayaan sesuai SNP
8. Mewujudkan standar Penilaian sesuai SNP
9. Mewujudkan Lingkungan Sekolah yang Menyenangkan
10. Mewujudkan Budaya Gemar Membaca
11. Mewujudkan Sekolah Bernuansa Pondok Pesantren
III. Tujuan :
- Standar Isi
- Terdokumentasikannya dokumen kurikulum sesuai Permendiknas
- Terdokumentasikannya pengembangan perangkat kurikulum (Silabus,RPP, Sitim Penilaian)
- Terdokumentasikannya dokumen pendukung (Kalender pendidikan, pembagian tugas mengajar, kurikulum mulok, pengembangan diri)
- Standar Proses
- Terdokumentasikannya dokumen kesiapan guru
b. Terdokumentasikannya dokumen pengelolaan kelas
c. Terdokumentasikannya dokumen metodologi pengajaran
d. Terdokumentasikannya dokumen penggunaan media
e. Terdokumentasikannya dokumen implementasi CTL
- Standar Kelulusan
- Terdokumentasikannya dokumen standar kelulusan
b. Terdokumentasikannya dokumen prestasi akademik
c. Terdokumentasikannya dokumen prestasi non akademik
d. Terdokumentasikannya dokumen kelulusan/ alumni siswa
e. Terdokumentasikannya dokumen kesiswaan
4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
- Terdokumentasikannya dokumen data Guru
b. Terdokumentasikannya dokumen data kepala sekolah
c. Terdokumentasikannya dokumen data tenaga pendukung
iii
5. Standar Sarana dan Prasarana
- Terdokumentasikannya dokumen ruang kelas dan inventarisasinya
b. Terdokumentasikannya dokumen Laboratorium (IPA/Bahasa/Komputer) dan daftar inventarisasinya
c. Terdokumentasikannya dokumen perpustakaan dan daftar inventarisasinya
d. Terdokumentasikannya dokumen ruang kepala sekolah dan wakilnya dan daftar inventarisasinya
e. Terdokumentasikannya dokumen ruang guru dan daftar invertarisasinya
f. Terdokumentasikannya dokumen ruang tata usaha dan daftar inventarisasinya
g. Terdokumentasikannya dokumen fasilitas dan inventaris kamar kecil
h. Terdokumentasikannya fasilitas dan inventaris factor pendukung yang lain dan multimedia
i. Terdokumentasikannya fasilitas dan inventaris lingkungan sekolah
6. Standar Pengelolaan
a. Terdokumentasikannya dokumen perencanaan pengembangan sekolah ( Renstra dan Renop)
b. Terdokumentasikannya dokumen implementasi program sekolah
c. Terdokumentasikannya dokumen pengawasan (Supervisi dan monitoring)
d. Terdokumentasikannya dokumen kepemimpinan/ rapat dan pertemuan
7. Standar Pembiayaan
a. Terdokumentasikannya dokumen sumber dana
b. Terdokumentasikannya dokumen penggunaan dana
c. Terdokumentasikannya dokumen akuntabilitas penggunaan dana
8. Standar Penilaian
a. Terdokumentasikannya dokumen kesiapan guru dalam penilaian
b. Terdokumentasikannya dokumen pelaksanaan penilaian
c. Terdokumentasikannya dokumen pemanfaatan hasil penilaian
9. Lingkungan yang Menyenangkana. Hubungan warga sekolah yang akrab dengan penuh rasa kekeluargaan
b. Terwujudnya lingkungan fisik (taman sekolah) yang menyenangkan.
c. Terwujudnya rasa kenyamanan berada di sekolah
10. Gemar Membaca
a. Terwujudnya warga sekolah untuk gemar membaca (hoby membaca)
b. Terwujudnya warga sekolah untuk menulis
11. Sekolah Bernuansa Pondok Pesantren
a. Terwujudnya linkungan sekolah bagaikan pondok pesantren
b. Terwujudnya siswa bagaikan santriwan dan santriwati
c. Terwujudnya guru bagaikan ustad dan ustadhah
IV. Sasaran
Untuk mewujudkan tujuan tersebut di atas, sekolah membuat program unggulan dengan sebutan "the best five' yaitu 1. sekolah bernuansa pondok pesantren, 2. unggul dalam bidang akademis, 3. unggul dalam olah raga dan seni, 4. kisar (Kelompok Ilmiah Sastra Remaja), 5.Tekglob (Unggul dam teknologi Informasi).
Selain program tersebut sekolah menerapkan "fine School" dalam rangka mempercepat tujuan sekolah. Denga fine school diharapkan terciptanya kedisiplinan dan kejujuran serta ketertiban yang optimal.
Yang dimaksud fine schol adalah mewujudkan sekolah yang baik serta menerapkan denda bagi yang melanggar peraturan sekolah. (program trelampir)
Pada Tahun 2010 :
1. Rata-rata prestasi belajar (UN) meningkat 0,3
2. KKM setiap mapel 75
3. Masuk 5 besar lomba olimpiade sains tingkat Kabupaten
4. Masuk 5 besar siswa berprestasi tingkat kabupaten
5. Masuk 5 besar prestasi olah raga dan seni tingkat kabupaten
6. Terampil berbahasa inggris di lingkungan sekolah
7. Terampil berceramah agama di lingkungan sekolah
8. Terampil dalam bidang computer dan internet
9. Terampil dalam bidang tata boga dan tata busana
10. Terampil dalam bidang elektronika
11. Masuk `15 besar rata-rata UAN tingkat kabupaten
Pada Tahun 2011
1. Rata-rata prestasi belajar (UN) meningkat 0,3
2. KKM setiap mapel 80 kecuali mat/ IPA/ Bhs. Inbbgris 75
3. Masuk 4 besar lomba olimpiade sains tingkat Kabupaten
4. Masuk 4 besar siswa berprestasi tingkat kabupaten
5. Masuk 4 besar prestasi olah raga dan seni tingkat kabupaten
6. Terampil berbahasa inggris di lingkungan rumah
7. Terampil berceramah agama di lingkungan rumah
iv
8. Terampil dalam bidang computer dan internet
9. Terampil dalam bidang tata boga dan tata busana
10. Terampil dalam bidang elektronika
11. Masuk 10 besar rata-rata UAN tingkat Kabupaten
Pada Tahun 2012
1. Rata-rata prestasi belajar (UN) meningkat 0,3
2. KKM setiap mapel 80 kecuali mat/ IPA/ Bhs. Inbbgris 75
3. Masuk 3 besar lomba olimpiade sains tingkat Kabupaten
4. Masuk 3 besar siswa berprestasi tingkat kabupaten
5. Masuk 3 besar prestasi olah raga dan seni tingkat kabupaten
6. Terampil berbahasa inggris di lingkungan masyarakat
7. Terampil berceramah agama di lingkungan masyarakat
8. Terampil dalam bidang computer dan internet
9. Terampil dalam bidang tata boga dan tata busana
10. Terampil dalam bidang elektronika
11. Masuk 10 besar rata-rataUAN tingkat Kabupaten
Pada Tahun 2013
1. Rata-rata prestasi belajar (UN) meningkat 0,3
2. SKM setiap mapel 85 kecuali mat/ IPA/ Bhs. Inbbgris 80
3. Masuk 3 besar olimpiade sains tingkat Kabupaten
4. Masuk 3 besar berprestasi tingkat kabupaten
5. Masuk 3 besar olah raga dan seni tingkat kabupaten
6. Terampil berbahasa inggris di lingkungan masyarakat
7. Terampil berceramah agama di lingkungan masyarakat
8. Terampil dalam bidang computer dan internet
9. Terampil dalam bidang tata boga dan tata busana
10. Terampil dalam bidang elektronika
11. Masuk 5 besar UAN tingkat Kabupaten
v
PEMERINTAH KABUPATEN MAGETAN
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ( SMP ) NEGERI 1 TAKERAN
SEKOLAH STANDAR NASIONAL
Jl. Raya Sumbermulyo, Takeran , Magetan 63383, Telp. ( 0351 ) 458648
KEPUTUSAN KEPALA SMP NEGERI 1 TAKERAN
NOMOR : 862.2 / 346 / 403.105.02 / 2010
TENTANG
PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH
Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Takeran
Menimbang : Bahwa dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di sekolah perlu
disusun rencana pengembangan sekolah melalui keputusan kepala
sekolah
Mengingat : 1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2010
2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005
3. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 007 / U / 2003
4. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 044 / U / 2002
5. Permendiknas Nomor 22,23 tahun 2006. No 16,19,20,24 dan 41 tahun
2007
Memperhatikan : 1. Surat Edaran Gubernur Jawa Timur Nomor 420/6152/032/2005
2. Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Magetan Nomor:
420/162/Kpts/403.105/2005
3. Keputusan rapat pleno Komite tahun 2010
Menetapkan :
Memutuskan
Pertama : Pelaksanaan Standar isi/ kurikulum diupayakan sesuai Standar Nasional
Pendidikan
Kedua : Pelaksanaan Standar Proses diupayakan sesuai Standar Nasional
Pendidikan
Ketiga : Pelaksanaan Standar Kelulusan diupayakan sesuai Standar Nasional
Pendidikan
Keempat : Pelaksanaan Standar Pendidik dan tenaga kependidikan diupayakan
sesuai Standar Nasional Pendidikan
Kelima : Pelaksanaan Standar Saran Prasarana diupayakan sesuai Standar
Nasional Pendidikan
Keenam : Pelaksanaan Standar Pengelolaan diupayakan sesuai Standar Nasional
Pendidikan
Ketujuh : Pelaksanaan Standar Pembiayaan diupayakan sesuai Standar Nasional
Pendidikan
Kedelapan : Pelaksanaan Standar Penilaian diupayakan sesuai Standar Nasional
Pendidikan
Kesembilan : Biaya yang timbul dari akibat diterbitkanya Surat Keputusan ini
dibebankan pada APBS dan Sumber dana lainnya
Kesepuluh : Point 1 s/d 8 dituangkan dalam Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)/
Program Tahunan Sekolah
Kesebelas : Apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan dalam keputusan ini akan
dibetulkan sebagaiman mestinya
Keduabelas : Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan
Ditetapkan di : Magetan
Pada Tanggal : Juli 2010
Kepala Sekolah
Drs.EDY SISWANTO,M.Pd.
NIP. 19620214 198803 1 011
RENCANA ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011 SEKOLAH : SMP NEGERI 1 TAKERAN KECAMATAN : TAKERAN KABUPATEN : MAGETAN
PENUTUP
Puji Syukur kepada Tuhan Yang Mahaesa atas rahmat, taufik dan hidayah Nya sehingga RAPBS tahun Pelajaran 2010 / 2011 dapat tersusun dengan baik
Dengan harapan semoga RAPBS ini sebagai pedoman dan dasar acuan penggunaan anggaran untuk masing-masing kegiatan yang ada di sekolah
Kepada semua warga sekolah semoga dapat memahami, sehingga tercipta dan terjalin hubungan yang baik dan harmonis secara terbuka dan akuntabilitas
Akhirnya kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberi saran dan kritik sehingga RAPBS ini dapat terselesaikan.
15
DAFTAR ISI
Kata Pengantar ……………………………………. i
Latar Belakang ……………………………………. ii
Program Sekolah ……………………………………. iii
RAPBS …………………………………… 1
Rencana Penggunaan Dana Rutin Gaji …………………………… 4
Rencana Penggunaan Dana BOS …………………………… 6
Penutup …………………………………… 15